Pages

Tuesday, August 31, 2010

Ada Yang Ingin Indonesia-Malaysia Berkonflik

Pekanbaru (ANTARA News) - Konsul Malaysia berkedudukan di Pekanbaru Zamani Ismail mengatakan Indonesia dan Malaysi perlu mewaspadai kemungkinan pihak tertentu ingin mengambil keuntungan dari hubungan bilateral Indonesia-Malaysia yang terus memanas.

"Ada boncengan dari pihak tertentu yang coba memecah kekerabatan Malaysia dan Indonesia," kata Zamani pada acara Majelis Sambutan Hari Kebangsaan Malaysia ke-53, di Pekanbaru, Selasa malam.

Hubungan Indonesia dan Malaysia mengalami ketegangan, setelah penangkapan tiga pegawai Departemen Kelautan dan Perikanan (DKP) oleh Kepolsian Diraja Malaysia yang masuk ke perairan Tanjung Berakit, Kepulauan Riau.

Menurut Zamani, rakyat Indonesia dan Malaysia selayaknya saling menahan diri dan menyelesaikan  permasalahan melalui diplomasi. Ia mengatakan Malaysia selama ini menganggap Indonesia, khususnya Riau, sebagai saudara sedarah dan mitra untuk kemajuan bersama.

"Pintu pandangan luas terbuka untuk kita berdiplomasi. Mari kita kecilkan perselisihan dan perbesar persaudaraan," ujarnya.

Wakil Gubernur Riau Mambang Mit dalam sambutannya mengatakan konflik yang terjadi antara kedua saudara serumpun itu hanya akan membawa kerugian.

Menurutnmmya, selama ini Pemerintah Provinsi Riau berusaha terus meningkatkan kerjasama dengan Malaysia dalam bidang ekonomi dan pendidikan.

"Sejauh ini kerjasama Riau dan Malaysia masih berjalan baik," ujarnya. (*)

ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK