Pages

Friday, August 27, 2010

SBY Didesak Putuskan Hubungan Diplomatik dengan Malaysia


Elvan Dany Sutrisno - detikNews


Jakarta - Kalangan politisi Senayan semakin geram dengan sikap lembek Pemerintah atas prilaku Malaysia. Kalau Pemerintah Malaysia tidak mengubah sikapnya, Presiden SBY diminta memutuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia.

"Malaysia sudah tidak menunjukkan itikad baik terhadap Indonesia. Kami minta Presiden SBY mengambil tindakan tegas. Putuskan hubungan diplomatik dengan Malaysia," tegas anggota Komisi IX DPR dari FPDIP Rieke Diah Pitaloka dalam konferensi Pers di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (27/8/2010).

Sikap tegas Rieke ini dilatarbelakangi tidak jelasnya hubungan diplomasi Indonesia-Malaysia. Terutama, Rieke yang membidangi ketenagakerjaan, justru melihat TKI yang makin tidak dihargai di Malaysia.

"Presiden SBY harus tahan badan terhadap vonis mati TKI, usahakan dengan diplomasi personal. Lakukan desakan politik agar ada keringanan dan kebebasan TKI tersebut berapapun jumlahnya," jelas Rieke.

Rieke mengenang masa pemerintahan Presiden Gus Dur yang tegas membela warga negaranya. Bahkan saat Gus Dur sudah tidak menjadi Presiden pun beberapa kali memperjuangkan WNI di negara lain. Rieke berharap SBY tegas dan arif dalam melindungi warga negaranya.

"Oleh karena itu kami minta Presiden SBY mencopot pejabat negara yang tidak dapat melindungi warganya di luar negeri. Terutama di timur tengah dan di Malaysia," harap Rieke.

(van/yid)

DETIK 

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK