Pages

Sunday, August 29, 2010

Diplomasi Menlu Lemah, SBY Diminta Turun Tangan Hadapi Malaysia

Senin, 30/08/2010 02:05 WIB

Hery Winarno - detikNews


Jakarta - Indonesia dan Malaysia akan melakukan pertemuan membahas permasalahan yang sedang hangat di kedua negara. Meskipun pertemuan tersebut adalah pertemuan tingkat menteri, namun sebaiknya SBY sendiri yang memimpin pertemuan tersebut.

"Ini sebenarnya merupakan pertemuan tingkat menteri (joint ministerial level) yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri (Menlu). Namun ada baiknya Presiden sendiri yang menghadiri dan memimpinnya," ujar Guru Besar Hukum Internasional FHUI Hikmahanto Juwana lewat pers rilis yang diterima detikcom, Senin (30/8/2010).

Pertemuan yang direncanakan berlangsung pada Tanggal 6 September 2010 tersebut akan dihadiri Menlu Marty Natalegawa sedangkan dari Malaysia akan diwakili oleh Perdana Menteri Najib Tun Razak. Namun menurut Hikmahanto, publik Indonesia sudah tidak percaya pada kemampuan diplomasi Menlu Marty Natalegawa.

"Diplomasi Marty tidak memadai, bahkan cenderung lemah. Kini saatnya kemampuan berdiplomasi Presiden diuji mengingat kemampuan diplomasi Menlu Marty sudah tidak dipercaya lagi oleh publik Indonesia," tambahnya

Diharapkan Presiden dengan PM Najib dapat mencari solusi yang terbaik untuk kedua negara bertetangga ini.

"Solusi yang terbaik adalah solusi yang tidak hanya bisa diterima di tingkat pemerintahan tetapi juga diterima oleh publik kedua negara," ujarnya.
(her/van)
detik

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK