Pages

Tuesday, July 2, 2024

Tentara AS Tak Cuma Segan Sama Indonesia di Perang Kota RIMPAC 2024 Tapi Militansi Marinir TNI AL Berhasil Dapat Pengakuan Mereka

 


Korps Marinir TNI Angkatan Laut (TNI AL) yang tergabung dalam satgas Latma Multilateral Rim of The Pacific (Rimpac) 2024 Indonesia, melaksanakan latihan bersama dengan United States Marine Corps (USMC) yang merupakan salah satu unsur pelaksana dalam Latma Multilateral Rimpac 2024 di Hawaii Amerika Serikat (AS).

Dalam latihan bersama ini ada beberapa materi yang dilatihkan diantarannya latihan Patroli Hutan, MOUT (Militer Operation on Urbanized Terrain) atau perang kota, Pertempuran Jarak Dekat (PJD) yang bertempat di Marine Corps Training Area Bellows (MCTAB) Hawaii Amerika Serikat.

Padahal TNI AL mendapat target untuk melihat kekuatan militer asing dan menerapkannya di Indonesia, namun siapa sangka, bakat pasukan Marinir justru bikin kagum tentara Amerika.

Bahkan pasukan marinir Amerika Serikat mengakui militansi dan profesionalisme korps marinir TNI AL Indonesia dalam perang kota.

Hal ini seperti dikutip Zonajakarta.com dari unggahan akun Instagram @pasmar_2_korps_marinir pada 30 Juni 2024.

"Marinir TNI AL melaksanakan pertempuran kota dan berhasil melumpuhkan serta menguasai kota kecil di Hawaii yang sebelumnya dikuasai musuh, hal ini terungkap dalam Latihan Bersama Multilateral _Rim of The Pacific_(Rimpac) 2024 di Hawaii, Amerika Serikat, (29/06/2024).

Penyerangan tersebut merupakan scenario yang sudah disiapkan oleh official yang dilakukan oleh gabungan Marinir TNI AL dan United State Marine Corps (USMC) dalam Aplikasi lapangan _Military Operations in Urban Terrain_ (MOUT) atau pertempuran kota, bertampat di Marine Corps Training Area Bellows (MCTAB), Hawaii, Amerika Serikat.

Marinir TNI AL yang terdiri dari Satu Peleton yang dipimpin oleh Lettu Marinir Marchel Galih Angkoso menunjukan Militansi dan Profesionalisme dalam operasi MOUT.

Hal ini seperti dikutip Zonajakarta.com dari unggahan akun X @RimofthePacific pada 1 Juli 2024, latihan perang kota di RIMPAC 2024 ternyata tak cuma diikuti Marinir TNI AL Indonesia dan Amerika Serikat saja.

 


"Latihan dan Belajar Bersama”

Marinir Indonesia, Tonga, Chile, Sri Lanka dan Marinir Amerika berlatih taktik perang kota di #Hawaii selama #RIMPAC2024.

Memperkuat kekuatan kolektif kita dan mendorong Indo-Pasifik yang bebas.#Kemitraan Global #Kerja Tim," tulis akun X @RimofthePacific dalam bahasa Inggris.




Tentara AS Tak Cuma segan Sama Indonesia di Perang Kota RIMPAC 2024 Tapi Militansi Marinir TNI AL Berhasil Dapat Pengakuan

Komando Armada III Angkatan Laut Amerika Serikat dalam laman resminya menyebut Latma Rimpac 2024 diikuti 29 negara, yaitu AS, Indonesia, Australia, Belgia, Brazil, Brunei Darussalam, Kanada, Chile, Kolombia, Denmark, Ekuador, dan Perancis.

Kemudian ada Jerman, India, Italia, Jepang, Malaysia, Meksiko, Belanda, Selandia Baru, Peru, Korea Selatan, Filipina, Singapura, Sri Lanka, Thailand, Tonga, Inggris, dan Israel.

Latihan itu melibatkan 40 kapal perang permukaan, tiga kapal selam, pasukan Marinir dari 14 negara, 150 pesawat, dan total 25.000 lebih prajurit.

Rimpac 2024 akan berlangsung di dan sekitar kepulauan Hawaii mulai 26 Juni hingga 2 Agustus dan diselenggarakan di bawah naungan kantor Komandan Armada Pasifik AS.

Hal ini mendapat apresiasi dan penilaian positif dari USMC yaitu Ltn Charles Winston selaku penanggung jawab atau pemateri pada materi MOUT ini.

Mayor Marinir Lukman Susanto, selaku Komandan Unsur Tugas Marinir Latma Multilateral Rimpac 2024, meninjau langsung pelaksanaan latihan serta menyampaikan rasa bangga atas dedikasi dan loyalitasnya prajurit dalam pelaksanaan latihan MOUT ini, pengalaman berharga ini akan menjadi bekal di satuan sebagai salah satu referensi pelaksaan operasi dan latihan dalam rangka meningkatkan kemampuan, militansi dan profesionalisme prajurit Korps Marinir TNI AL," jelas Pasmar 2 Korps Marinir lewat akun Instagramnya.


sumber zona jakarta

 

 

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK

BERITA POLULER