Pages

Wednesday, July 3, 2024

Pantas Saja Mendominasi Latihan Menembak RIMPAC 2024, Korps Marinir Indonesia Gunakan Rifle SS2

 

S


S2 menjadi salah satu Rifle yang dibawa personel Korps Marinir Indonesia di RIMPAC 2024, Hawaii, AS. RIMPAC 2024 merupakan ajang latihan angkatan laut multinasional yang diikuti oleh Korps Marinir Indonesia. Selain Korps Marinir, Indonesia mengirimkan KRI Raden Eddy Martadinata ke RIMPAC 2024.

RIMPAC 2024 diikuti oleh sekitar 29 negara selain Indonesia. Ada Meksiko, Inggris, Prancis hingga Italia datang ke RIMPAC 2024. Semuanya mengerahkan kapal perang dan pasukan ke sana sebagai upaya meningkatkan interoperabilitas bersama US Navy. Satgas RIMPAC 2024 TNI AL sudah berangkat sejak bulan lalu dan akan mengikuti serangkaian skenario pertempuran.



Di sinilah nantinya TNI AL punya kesempatan menguji dokteri perang, taktik serta bagaimana negara Sekutu menggelar operasi tempur terbuka. "Latma Rimpac 2024 menjadi kesempatan bagi TNI Angkatan Laut untuk menguji doktrin, taktik, dan prosedur peperangan laut terbaru," lapor Antara pada 31 Mei 2024. Diketahui satgas RIMPAC 2024 TNI AL membawa total 183 pasukan. Rinciannya yakni 128 pengawak kapal, 43 prajurit dari Korps Marinir, tujuh personel dari Komando Pasukan Katak (Kopaska), kemudian lima personel staf latihan. "Satgas Latma Rimpac 2024 dipimpin oleh Komandan KRI R. E. Martadinata-331 Kolonel Laut (P) Adam Tjahja Saputra," bebernya. 



Wajar saja TNI AL mengerahkan alutsista siap tempurnya ke RIMPAC 2024. AS sebagai tuan rumah sampai mengerahkan kapal induk USS Carl Vinson ke RIMPAC 2024. Di dek USS Carl Vinson on board F-35 hingga V-22 Osprey. Bukan cuma itu, AS juga mengerahkan Ticonderoga class USS Princeton serta enam unit Arleigh Burke class serta pasukan USMC dari markas Kaneohe, Hawaii.

"Pesawat termasuk pesawat tempur F-35 Lightning II, Pesawat Patroli Maritim (MPA) P-8 Poseidon, dan V-22 Osprey akan beroperasi dari Pangkalan Gabungan Pearl Harbor-Hickam dan Pangkalan Korps Marinir Hawaii di Teluk Kaneohe," beber USNI News. Di markas USMC Kaneohe inilah Korps Marinir Indonesia melakukan latihan menembak berdampingan dengan pasukan AS.

Prajurit Korps Marinir Indonesia terlihat mendominasi latihan mereka menggunakan Rifle SS2 buatan PT Pindad. "Prajurit Petarung Korps Marinir TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam Latihan Bersama (Latma) Multilateral Rim of The Pacific (Rimpac) tahun 2024 bersama pasukan Marinir dari negara lain melaksanakan latihan menembak Combat Marksmanship yang dilaksanakan di Range Training Facility, Marine Corps Base Hawaii (MCBH).

Dalam latihan tersebut Prajurit Korps Baret Ungu yang dipimpin Mayor Marinir Lukman Susanto melaksanakan latihan menembak Combat Marksmanship dengan prajurit Marinir dari negara yang tergabung dalam Latma Rimpac diantaranya Malaysia, Korea Selatan, Chile, Peru, Tonga, Srilangka, dan Mexico," lapor Marinir TNI AL pada 2 Juli 2024. Tujuan latihan menembak ini nantinya untuk latihan puncak berupan operasi pendaratan amfibi di Hawaii.

"Meningkatkan kemampuan prajurit dalam melakukan keahlian menembak tempur untuk diaplikasikan pada hubungan tim dan satuan yang lebih besar yang pada puncak latihan tersebut akan diakhiri dengan kegiatan pendaratan amfibi," jelasnya.

Tentunya sebuah prestasi dan kebanggan tersendiri Korps Marinir Indonesia berangkat ke RIMPAC 2024 menggunakan senjata buatan Putra Putri Tanah Air, SS2.*

zonajakarta

 

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK

BERITA POLULER