Pages

Friday, November 8, 2024

TNI AL dan Angkatan Laut Rusia rampungkan fase laut Latma Orruda 2024

 


TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Rusia merampungkan latihan fase laut (sea phase) yang merupakan tahapan puncak Latihan Bersama (Latma) Orruda 2024 di Laut Jawa, dekat dari Surabaya, Jawa Timur, Jumat.


Latma Orruda 2024 merupakan latihan bersama pertama yang diikuti oleh TNI AL dan Angkatan Laut Rusia di Surabaya pada 4–8 November 2024.

“Latihan fase laut Latma Orruda 2024 telah selesai dilaksanakan oleh TNI AL dan Angkatan Laut Rusia. Latihan ditutup di tengah laut, dan kapal-kapal Angkatan Laut Rusia yang mengikuti latihan langsung melanjutkan pelayaran menuju markasnya,” kata Kepala Dinas Penerangan (Kadispen) Komando Armada II TNI AL Kolonel Laut (P) Widyo Sasongko saat dihubungi di Jakarta, Jumat.




Dalam Latma Orruda 2024, TNI AL mengerahkan satu fregat KRI I Gusti Ngurah Rai-332 dan satu korvet KRI Frans Kaisiepo-368, serta satu helikopter antikapal selam dari Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) AS565 MBe Panther.

Sementara itu, Angkatan Laut Rusia mengerahkan dua korvetnya, RFS Gromky dan RFS Aldar Tsydenzhapov, kemudian satu fregat RFS Rezkiy, dan satu kapal medium tanker RFS Pechenga.

Kapal-kapal perang dari dua negara itu selama dua hari mengikuti rangkaian latihan fase laut untuk operasi keamanan laut (maritime security), yang pada hari pertama mencakup manuver taktis, latihan komunikasi menggunakan isyarat bendera (flaghoist), latihan embarkasi (boardex), kemudian penembakan senjata ringan kapal di laut (safas), pertukaran personel antarkapal perang RI dan Rusia, latihan komunikasi sandi morse menggunakan isyarat cahaya (flashex).

Kemudian pada hari kedua, kapal-kapal perang Rusia dan Indonesia melanjutkan latihan evakuasi korban dari geladak kapal ke helikopter (vertical replenishment), formasi kapal untuk foto udara (photoex), dan penutupan sesi latihan yang ditandai dengan prosesi perpisahan (farewell dan salute).



Kapal-kapal perang Rusia yang berasal dari Armada Pasifik Angkatan Laut Rusia kemudian melanjutkan pelayaran ke markasnya, melewati Thailand. Sementara itu, kapal-kapal perang Indonesia kembali ke markasnya di Komando Armada II, Surabaya.



Dalam rangkaian Latma Orruda, Angkatan Laut Rusia juga mengirimkan kapal selam B-588 Ufa dan kapal tunda penyelamat (tug salvage) Alatau ke Surabaya. Dua kapal itu sandar di Dermaga Jamrud Utara, Pelabuhan Tanjung Perak, sejak Kamis (7/11), dalam rangka kunjungan persahabatan (port visit).

Di Surabaya, Komandan Kapal Selam Angkatan Laut Rusia (RNS) Ufa Captain 2nd Rank Andrey Barkov berkunjung ke Markas Komando Koarmada II dan bertemu dengan Komandan Satuan Kapal Selam (Dansatsel) Koarmada II Kolonel Laut (P) Yulius Azz Zaenal di Gedung Bramastra Satsel Koarmada II, Surabaya, Jumat.

Dansatsel Koarmada II menyampaikan harapannya kunjungan kapal selam Rusia ke Surabaya dapat semakin mempererat komunikasi dan kerja sama dua negara.

Delegasi Rusia, sebelum bertemu Dansatsel Koarmada II, juga berkunjung ke Monumen Nanggala untuk memberikan penghormatan kepada prajurit-prajurit KRI Nanggala-402 yang gugur saat bertugas.

“Kehadiran mereka menjadi simbol penghargaan dan solidaritas yang mendalam dari Angkatan Laut Rusia kepada TNI AL, serta memperkokoh persahabatan kedua angkatan laut,” kata Kadispen Koamada II.

sumber : Antara

Kemenhan dan PT DI bahas kemajuan program jet tempur KFX/IFX




Kementerian Pertahanan (Kemenhan) RI dan PT Dirgantara Indonesia (DI) membahas kemajuan program pembuatan pesawat tempur kerja sama Indonesia dan Korea Selatan (KFX/IFX) KF-21 Boramae, yang merupakan satu dari 10 program prioritas industri pertahanan nasional.


Di Kantor Kemenhan RI, Jakarta, Jumat, Direktur Utama PT DI Gita Amperiawan melaporkan perkembangan program itu kepada Pelaksana Tugas (Plt.) Sekretaris Jenderal Kemenhan RI Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

“Intinya dalam program ini, Indonesia khususnya industri pertahanan nasional harus dapat manfaat yang maksimal,” kata Gita Amperiawan saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjawab pertanyaan mengenai isi pertemuan di Kemenhan.

PT DI, dalam program KFX/IFX, merupakan industri pertahanan yang ditunjuk Pemerintah Indonesia sebagai penerima manfaat ofset (IIP) dari pembuatan prototipe jet tempur KF-21 Boramae.

Plt. Sekjen Kemenhan RI, dalam siaran resmi Kemenhan RI yang dikonfirmasi di Jakarta, Jumat, menyebut dia bakal segera melaporkan ke pimpinan mengenai kemajuan program KFX/IFX.

“Terima kasih Bapak Gita, kami sudah mendapat masukannya semua dan nanti akan kami laporkan segera. Mudah-mudahan mendapatkan tanggapan yang positif,” kata Plt. Sekjen Kemenhan ke Dirut PT DI dalam pertemuan itu.

Kementerian Pertahanan RI sebagai wakil Pemerintah RI menyesuaikan kontribusi dananya terhadap proyek kerja sama membangun pesawat tempur KF-21 buatan Korea Aerospace Industries (KAI) dengan Pemerintah Korea Selatan. Kontribusi yang diberikan Indonesia pun terhadap proyek KFX/IFX itu saat ini sebesar 600 miliar won atau sekitar Rp6,95 triliun dari komitmen awal sebesar 1,6 triliun won atau sekitar Rp18,5 triliun.

Terkait penyesuaian itu, Gita menyebut PT DI saat ini fokus mempersiapkan kemampuannya untuk ikut terlibat dalam produksi massal pesawat tempur generasi 4.5 KFX/IFX KF-21 Boramae.

“Harus ada keseriusan ke depan kita punya kemampuan di bidang produksi fighter (pesawat tempur). Jadi, apapun programnya di berbagai macam ofset, tujuannya cuma satu, bagaimana PT DI mampu ke depannya membangun fighter,” kata Gita Amperiawan saat ditemui di kantornya, Bandung, Jawa Barat, 27 September 2024.

Dia melanjutkan PT DI membidik untuk terlibat dalam perakitan akhir, uji terbang, sertifikasi, kemudian pemeliharaan dan perbaikan (MRO) jet tempur KF-21 Boramae hasil kerja sama RI-Korea Selatan (KFX/IFX) manakala prototipe pesawat itu masuk tahap produksi massal.

“PT DI itu sedang menyiapkan untuk mampu. Itu yang pertama. Kedua, PT DI perlu menyusun semua capaian-capaian dengan biaya itu sehingga biaya yang sudah dikeluarkan oleh pemerintah untuk program KFX ini memang bermanfaat (worthy). Pertanggungjawaban kami kepada bangsa dari belanja anggaran untuk KFX ini sedang kami siapkan,” kata Gita Amperiawan.

Dalam kesempatan terpisah, Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kementerian Pertahanan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat ditanya mengenai ofset KFX/IFX yang diterima Indonesia setelah penyesuaian kontribusi itu menyebut Pemerintah RI saat ini berunding soal kerja sama alih teknologi proyek kerja sama pembuatan pesawat tempur itu setelah adanya penyesuaian.

“Ada beberapa alih teknologi (ToT) akan didapatkan dari kerja sama pengembangan bersama pesawat tempur KFX/IFX, yaitu kemampuan produksi bagaimana mendesain, membangun pesawat tempur, membuat beberapa komponen meliputi sayap, ekor, beberapa bagian body belakang pesawat, dan beberapa pylon/adapter untuk persenjataan dan sensor, melakukan final assembly (perakitan akhir), uji terbang, dan re-sertifikasi untuk pesawat IFX,” kata Karo Humas Setjen Kemhan RI saat dihubungi di Jakarta pada 20 Agustus 2024.

Dia melanjutkan ToT yang diincar Pemerintah Indonesia dalam proyek gabungan itu juga terkait kemampuan operasi dan pemeliharaan, yang mencakup integrated logistics support, perawatan pesawat tempur KFX/IFX, pengembangan sistem latihan untuk pilot dan teknisi, serta kemampuan untuk menyelesaikan masalah (troubleshooting) saat operasional.

“Kemudian, kemampuan modifikasi dan upgrading, yaitu melakukan desain integrasi dan re-sertifikasi unique requirement berupa drag chute, eksternal fuel tank, dan air-refueling, serta melakukan integrasi sistem persenjataan baru, avionik, sensor, dan elektronik,” sambung Edwin.

sumber : Antara

Monday, November 4, 2024

TNI AL dan Angkatan Laut China Bahas Latihan Bersama "Heping Garuda" 04 November 2024


Delegasi TNI Angkatan Laut dan delegasi Angkatan Laut China (PLA) membahas sejumlah kerja sama bidang operasi, pendidikan, dan latihan dalam pertemuan Navy-to-Navy Coordination Meeting di Beijing, China, pada 28–30 Oktober 2024 (photo: Antara)

Jakarta (ANTARA) - TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut China (PLA) membahas berbagai kerja sama bidang operasi, pendidikan dan latihan bersama, termasuk di antaranya Latihan Bersama (Latma) "Heping Garuda 2024" di Jakarta pada Desember 2024.

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI I Made Wira Hady Arsanta Wardhana saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjelaskan latihan itu dibahas dalam pertemuan koordinasi antarangkatan laut (NTNCT) di Beijing, China, pada 28–31 Oktober 2024.

“Delegasi TNI AL dipimpin oleh Kepala Kelompok Staf Ahli (Kapoksahli) Komandan Pusat Hidro-Oseanografi TNI AL (Danpushidrosal) Laksamana Pertama TNI Dyan Primana S, Staf Operasi TNI AL (Sopsal) Kolonel Laut (P) Alfred D. Matthews, dan Atase Pertahanan Laut RI di Beijing, staf Intelijen TNI AL, perwira dari Dinas Pendidikan TNI AL, dan perwakilan dari Satuan Kapal Selam Koarmada II,” kata Kadispenal.

Destroyer Type 052D Luyang III class yang ditawarkan China ke Indonesia bisa jadi dibawa untuk latihan (photo: Shipshub)

Sementara itu, Angkatan Laut China diwakili oleh Asisten Kepala Staf PLA Laksamana Muda Li Wei yang didampingi tujuh staf dari Angkatan Laut China.

Dalam pertemuan itu, delegasi TNI AL juga mengundang secara langsung Angkatan Laut China untuk mengikuti Latihan Bersama Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) Ke-5 di Bali pada Februari 2025, dan ASEAN Plus Cadet Sail 2025 yang diperuntukkan kepada taruna akademi Angkatan Laut China.

Delegasi Angkatan Laut China, dalam pertemuan yang sama, juga mengundang TNI AL menghadiri forum internasional bertajuk “Maritime Community with A Share Future” yang dijadwalkan berlangsung pada November 2024.

TNI AL dan Angkatan Laut China juga membahas rencana untuk latihan bersama (passing exercise) saat kapal perang dari masing-masing negara melewati satu sama lain dalam kunjungan persahabatan ke perairan Indonesia ataupun China.

Komitmen untuk meningkatkan kerja sama antara militer dua negara pernah disampaikan oleh Menteri Pertahanan (Menhan) RI Letjen TNI (Purn.) Sjafrie Sjamsoeddin saat dia menerima kunjungan Duta Besar China untuk Indonesia Wang Lutong di Kantor Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, bulan lalu (24/10).

Menhan Sjafrie menyampaikan langsung keinginannya agar Indonesia dan China ke depan dapat menggelar latihan militer bersama.

Bakamla: Kooperatif, "coast guard" China tak lagi masuk Natuna Utara

 

Foto koordinat Kapal patroli Bakamla RI KN Pulau Dana-323 dan kapal coast guard China 5402 di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, Kamis (24/10/2024). ANTARA/HO-Bakamla RI.

Bakamla RI bakal terus mengawasi secara ketat aktivitas di Laut Natuna Utara demi memastikan survei seismik di perairan itu berjalan tanpa gangguan

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI Laksamana Madya TNI Irvansyah menyebut kapal penjaga pantai (coast guard) China kooperatif dan tidak lagi masuk perairan yurisdiksi Indonesia di Laut Natuna Utara.

Irvansyah memastikan sejauh ini belum ada aktivitas kapal penjaga pantai China (CCG) yang membahayakan aktivitas kapal-kapal Indonesia di Laut Natuna Utara.

“Sampai sekarang belum ada lagi (kapal coast guard China, red.),” kata Irvansyah menjawab pertanyaan ANTARA saat ditemui di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik dan Keamanan RI, Jakarta, Senin.

“Ya, mereka kooperatif,” tambah Irvansyah.

Dia melanjutkan kapal-kapal Bakamla RI rutin berpatroli di Laut Natuna Utara sepanjang tahun.

Terlepas dari insiden pengusiran kapal penjaga pantai China bulan lalu, Bakamla cukup lama bertekad memperkuat armada patrolinya.

Irvansyah menyebut perlu ada peningkatan jumlah kapal patroli di daerah-daerah strategis.

“Kita memang perlu perkuat poros-poros strategis, misalnya di Selat Malaka, di Natuna Utara, di Ambalat,” kata Kepala Bakamla RI.

Dia menyebut insiden pengusiran kapal penjaga pantai China di Laut Natuna Utara bulan lalu itu merupakan yang pertama kali dilakukan oleh kapal patroli Bakamla sepanjang 2024.

“Untuk sepanjang tahun ini, (insiden itu, red.) baru pertama,” kata dia.

Kapal patroli Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI KN Pulau Dana-323 dan KN Tanjung Datu bulan lalu mengusir kapal penjaga pantai (coast guard) China yang mencoba masuk perairan yurisdiksi Indonesia di Laut Natuna Utara, Kepulauan Riau, masing-masing pada 25 Oktober, 24 Oktober dan 21 Oktober.

Kapal coast guard China 5402 itu diusir keluar perairan yurisdiksi Indonesia di Laut Natuna Utara karena diyakini mengganggu kegiatan survei dan pengolahan data seismik yang dilakukan oleh PT Pertamina menggunakan kapal MV Geo Coral.

Bakamla RI dalam siaran resminya menegaskan Bakamla RI bakal terus mengawasi secara ketat aktivitas di Laut Natuna Utara demi memastikan survei seismik di perairan itu berjalan tanpa gangguan.

“Operasi ini juga mencerminkan komitmen Bakamla RI dalam menjaga ketertiban dan keamanan maritim di perairan strategis Indonesia,” demikian siaran resmi Bakamla RI.

Laut Natuna Utara merupakan perairan yurisdiksi Indonesia di Laut China Selatan, yang masuk dalam zona ekonomi eksklusif (ZEE) Indonesia. Walaupun demikian, China secara sepihak mengklaim perairan itu masuk dalam yurisdiksinya berdasarkan alasan historis 10-dash-line. Klaim 10-dash-line China itu mencakup seluruh perairan Laut China Selatan.


sumber : Antara

Friday, October 25, 2024

Malaysia masih menunggu persetujuan AS untuk mendapatkan F/A-18 Hornet eks Kuwait

 

F18 Hornat Kuwait

Menteri Pertahanan Malaysia Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin mengumumkan pada 8 Oktober, bahwa Kuwait terbuka terhadap permintaan Malaysia untuk mengakuisisi 33 jet tempur F/A-18 C/D Hornet milik angkatan udaranya.

Namun, akuisisi tersebut bergantung pada persetujuan dari Amerika Serikat dan juga pada kelancaran program modernisasi Angkatan Udara Kuwait sendiri.

Program modernisasi armada Kuwait, yang melibatkan Eurofighter Typhoon dan F/A-18E/F Super Hornet, sejalan dengan jadwal akuisisi Malaysia yang prospektif.

Kuwait berharap dapat merampungkan armada barunya pada tahun 2027. Hal ini berpotensi memungkinkan pemindahan armada F/A-18 Hornet lamanya ke Malaysia.

Sebelumnya pada 6 Oktober, Datuk Seri Mohamed Khaled Nordin telah melakukan kunjungan resmi ke Kuwait didampingi oleh Kepala Angkatan Udara Kerajaan Malaysia (RMAF) Jenderal Tan Sri Asghar Khan Goriman Khan. Hal ini untuk memperkuat hubungan pertahanan kedua negara.

Dalam kunjungan tersebut dibahas potensi pengadaan F/A-18 Hornet dan kerja sama pertahanan yang lebih luas antara Malaysia dan Kuwait.

Menindaklanjuti hal itu, sebuah komite gabungan dengan pejabat dari kedua negara akan dibentuk untuk mempercepat akuisisi setelah persyaratan terpenuhi.

Datuk Nordin mencatat bahwa jika Malaysia tidak dapat memperoleh jet-jet ini dari Kuwait, RMAF akan menghadapi penundaan tiga hingga empat tahun untuk mendapatkan alternatif penggantinya.

Diketahui, Malaysia pertama kali menyatakan minatnya untuk mengakuisisi Hornet F/A-18 milik Kuwait pada bulan Juni 2024, setelah evaluasi oleh tim teknis RMAF.

Saat ini Armada Pesawat Tempur Serbaguna (MRCA) RMAF mencakup delapan Boeing F/A-18D Hornet dan 18 Sukhoi Su-30MKM. Sementara armada MiG-29 telah dipensiunkan pada tahun 2017

Monday, October 14, 2024

Prancis Tantang Dominasi Jet Tempur F-35 AS dengan 'Super Rafale' yang Lebih Siluman dan Dilengkapi Rudal Hipersonik

 

Rafale

Produsen pesawat terbang Prancis Dassault Aviation akan menghadirkan 'Super Rafale' F-5 yang akan dipasangkan dengan drone tempur wingman setia dan amunisi baru untuk menekan pertahanan antipesawat musuh.

Dilengkapi dengan radar pengacau gabungan dan sistem pertahanan diri, Rafale F-5 akan menciptakan 'gelembung pelindung' untuk dirinya sendiri dan peralatan lain yang akan dibawa ke medan perang.

Pesawat ini akan berevolusi menjadi sistem teknologi yang disebut “Club Rafale.” Rafale, yang berarti 'hembusan angin', adalah jet tempur garis depan yang dikembangkan oleh Prancis. Pesawat ini membutuhkan waktu lama untuk mendapatkan tempat di pasar penerbangan militer internasional.

Namun kini setelah mengantongi beberapa klien besar, hal yang paling dikeluhkan Dassault adalah bahwa jet tempur garis depan buatannya telah dikalahkan oleh jet perang AS F-35 di hampir setiap kompetisi dan permainan perang.

Menurut situs web pertahanan Prancis, 'Meta Defense,' 'Super Rafale' atau Rafale F5 akan berevolusi ke tingkat yang sama sekali baru. "Ini akan menjadi Sistem Tempur Udara, yang didasarkan pada sistem dari berbagai sistem dan bukan hanya sebagai pesawat tempur, seperti yang masih terjadi pada Rafale F4," tulis artikel tersebut.

Rafale


Seperti dilansir  EurAsian Times , Kementerian Angkatan Bersenjata Prancis mengajukan  amandemen awal bulan ini untuk memberikan informasi lebih lanjut tentang upaya program Rafale yang akan datang, khususnya yang terkait dengan versi F5 baru yang akan dikembangkan di bawah Program Perencanaan Militer (LPM) 2024-2030.

Perkembangan ini penting karena program jet tempur generasi berikutnya Eropa, yang dikenal sebagai Sistem Pesawat Tempur Masa Depan (FCAS), di mana Prancis juga menjadi peserta, akhirnya bergerak setelah terjebak dalam kelesuan untuk waktu yang lama.

Angkatan bersenjata Prancis berharap bahwa evolusi ini kemungkinan “akan mengubah secara mendalam posisi relatif Rafale di kancah internasional, khususnya terhadap F-35 Amerika”.

Angkatan Udara dan Antariksa Prancis (FASF) mengoperasikan apa yang disebut sebagai Rafale versi standar F3-R. Pesawat ini dikembangkan dan diluncurkan pada akhir tahun 2013 dan dilantik ke dalam FASF pada tahun 2018.

Versi jet tempur ini merupakan versi yang ditingkatkan dari Rafale F3 standar. Versi F3-R membawa rudal udara-ke-udara jarak jauh Meteor yang diproduksi oleh MBDA. Jet tempur ini dilengkapi dengan pod penunjuk laser generasi baru Thales Talios yang memberikan tingkat presisi tinggi dalam serangan udara-ke-darat.

 

Senjata ini juga memiliki versi laser homing dari Safran Air-to-Ground Modular Weapon, yang menghasilkan kemampuannya untuk menghancurkan target pada jarak beberapa puluh kilometer dengan presisi metrik. Senjata ini juga disesuaikan untuk menargetkan target bergerak. Sensor dalam versi ini juga telah ditingkatkan untuk memastikan interoperabilitas.

Rafale telah membuktikan keampuhannya dalam berbagai konflik selama dekade terakhir. Pesawat ini turut ambil bagian dalam operasi di Afghanistan dan Libya. Kemampuannya untuk tetap mengudara dalam jangka waktu yang lebih lama juga terlihat saat pasukan Prancis menghancurkan target musuh di Mali.

Rafale F5 akan memiliki pesawat tanpa awak tempur -nEUROn, yang terintegrasi ke dalam sistemnya. UAV eksperimental nEUROn akan memiliki tingkat otonomi tertentu sambil tetap melekat pada pesawat utama.

Drone ini akan dikendalikan oleh Rafale sendiri, dengan kru yang memiliki “fungsi mengoordinasikan dan mengoptimalkan efisiensi sistem ini.”

Laporan berita menyebut F-35 A sebagai perwakilan generasi ke-5, sedangkan Rafale F5 akan menandai dimulainya era jet tempur generasi ke-6. Angkatan Udara AS juga akan melengkapi 300 F-35A dengan pesawat nirawak tempur, seperti Rafale F5, di bawah program Next Generation Air Dominance (NGAD).




Namun, artikel tersebut menegaskan bahwa bahkan jika F-35 dilengkapi dengan pesawat nirawak tipe Loyal Wingman, keunggulan relatifnya terhadap generasi ke-5, seperti kemampuan siluman dan fusi data, akan “terhapus atau berkurang” dan berubah menjadi jet tempur generasi ke-6.

Namun, Rafale akan dapat mengandalkan persyaratan yang jauh lebih banyak dari generasi baru ini, terutama dalam hal kapasitas muatan dan otonomi.

Super Rafale Bisa Lebih Kuat Daripada F-35?

Peralatan operasional Rafale kurang mampu meredam pertahanan antipesawat musuh, yang biasa disebut dengan akronim SEAD. Varian F5 akan mengatasi kekurangan ini.

Artikel tersebut menunjukkan bahwa kemampuan tersebut akan didasarkan pada "penggunaan bersama pengacau radar sebagai tambahan terhadap sistem pertahanan diri perangkat tersebut, untuk memberinya kemungkinan untuk menyertakan perangkat lain dalam gelembung perlindungannya." Amunisi antiradiasi dirancang untuk menembus pancaran radar musuh dan menghancurkannya.

 

 

 

Rafale F5 akan dirancang untuk menyebarkan rudal baru Prancis-Inggris – Rudal Jelajah Masa Depan (FCM) dan Rudal Anti-Kapal Masa Depan (FASM) sebagai ganti rudal jelajah SCALP/Storm Shadow dan AM39 Exocet.

Rudal futuristik ini akan memiliki fitur-fitur canggih, seperti kemampuan siluman atau kecepatan hipersonik, untuk melawan sistem pertahanan udara modern sekaligus memberikan Rafale “kemampuan serangan jarak jauh yang sangat canggih.”

Rafale F5 juga akan dilengkapi dengan pod yang menggabungkan kemampuan pod penunjukan target Talios dan pod pengintaian Reco NG.

Pod Talios akan diintegrasikan dengan Rafale F4 agar dapat melakukan misi pengintaian udara dan serangan darat/permukaan. Pod ini menyediakan kemampuan pencarian dan identifikasi target di area yang luas dan dapat langsung beralih ke mode akuisisi dan pelacakan target.

Sensor beresolusi tingginya menyediakan gambar berwarna dari situasi taktis untuk menyederhanakan tugas pilot Rafale. Reco NG saat ini dipasang pada Mirage 2000 dan Rafale dan, dengan jangkauannya yang jauh dan resolusinya yang tinggi, menyediakan citra intelijen.

Pod dengan kualitas yang dimiliki Talios dan RECO NG akan memberikan “para pemburu dan visi taktis udara-ke-darat, udara-ke-permukaan dan bahkan udara-ke-udara dengan presisi tinggi” dan dengan demikian akan memiliki beberapa opsi operasional sembari tetap dalam mode non-transmisi.

Rafale F5 akan dirancang untuk membawa rudal jelajah hipersonik bertenaga nuklir baru ASN4G, yang akan menggantikan rudal jelajah bertenaga nuklir Prancis air-sol moyenne portée (ASMPA) di dua skuadron Angkatan Udara dan Antariksa dan pesawat Angkatan Laut Prancis. Ini akan menjadi bagian dari pencegahan nuklir Prancis.


SUMBER eurasiantimes.com

Monday, September 30, 2024

Indonesian Aerospace ( PT DI ) masih berharap mendapatkan prototipe pesawat tempur KF-21




Indonesian Aerospacemasih berharap untuk mendapatkan prototipe pesawat tempur KF-21 buatan Korea Aerospace Industries, tetapi ini akan bergantung pada negosiasi antar pemerintah. 

Indonesian Aerospace, yang juga dikenal sebagai PTDI (PT Dirgantara Indonesia), merupakan peserta industri dalam program bersama tersebut, yang terjerat dalam berbagai masalah seputar pendanaan dan transfer teknologi, serta tuduhan Korea Selatan bahwa para insinyur Indonesia dalam program tersebut telah mencuri data sensitif. 

Saya meminta pemerintah untuk memiliki [prototipe],” kata Gita Amperiawan, presiden direktur Dirgantara Indonesia pada pameran udara Bali baru-baru ini. 

“Pemerintah sedang mencoba untuk menegosiasikan ini, karena ini penting.”

Indonesia awalnya menjadi mitra 20% dalam program Korea Selatan senilai W8,1 miliar ($6,1) miliar, yang juga bertujuan untuk memproduksi pesawat tempur untuk Indonesia yang disebut IFX. 

Selain transfer teknologi, Jakarta akan menerima prototipe KF-21 kelima dari enam prototipe. Prototipe kelima KF-21, yang berkursi tunggal, melakukan penerbangan perdananya pada Mei 2023, dan merupakan bagian dari kampanye uji enam pesawat tempur tersebut. Keenam prototipe tersebut memiliki bendera Indonesia dan Korea Selatan. 

Selama bertahun-tahun Jakarta telah berupaya mengurangi paparan finansialnya terhadap program tersebut. Pada bulan Agustus, Administrasi Program Akuisisi Pertahanan (DAPA) Seoul akhirnya mengatakan akan mengurangi porsi biaya pengembangan Indonesia menjadi W600 miliar ($441 juta), turun dari W1,6 miliar sebelumnya, atau 20% dari biaya pengembangan program. 

Akibatnya, tingkat transfer teknologi Indonesia akan berkurang. DAPA tidak menyebutkan nasib prototipe Jakarta, tetapi pernyataan Amperiawan menunjukkan bahwa itu adalah titik negosiasi 

Kita harus memastikan bahwa uang yang dikeluarkan pemerintah [untuk kemitraan] sepadan," tambahnya. Amperiawan juga dengan tegas menyatakan pandangan bahwa para insinyur Indonesia yang diselidiki karena diduga mengunduh informasi KF-21 ke driver USB tidak bersalah. Ia juga merasa bahwa isu tersebut telah mengalihkan fokus yang dibutuhkan untuk program itu sendiri. 

Indonesia telah menjadi peserta KF-21 – yang sebelumnya dikenal sebagai KFX – sejak awal pembentukannya pada tahun 2010. Meskipun awalnya bersemangat untuk mengikuti program tersebut, Jakarta telah memasang taruhan besar pada jet tempur lain, yaitu pesanannya untuk 42 unit Dassault Aviation Rafale pada tahun 2022. Indonesia juga dapat memesan 24 unit Boeing F-15ID, sebutan lokal untuk F-15EX.


SUMBER : www.flightglobal.com

 

 

BERITA POLULER