Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Thursday, November 3, 2011

Presiden SBY Suarakan ASEAN di KTT G-20


Wahyu Wening / Jurnal Nasional
Jurnas.com | PRESIDEN Susilo Bambang Yudhoyono bukan cuma mewakili Indonesia dalam pertemuan KTT G-20 yang dilangsungkan di Cannes, Prancis tanggal 3-4 November 2011. Selaku Ketua ASEAN, Presiden SBY juga ikut mewakili negara-negara di Asia Tenggara.

“Presiden tidak hanya berbicara sebagai pemimpin dari Indonesia, tetapi juga sebagai Ketua ASEAN. Oleh sebab itu apa yang telah dilakukan di Indonesia terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan juga pembukaan lapangan kerja, serta mengurangi kemiskinan adalah agenda yang akan dibagi dengan dunia,”kata Menko Perekonomian Hatta Rajasa dalam konferensi pers usai rapat koordinasi persiapan KTT G-20 bersama Presiden SBY di Hotel JW Marriot Cannes, Prancis, Rabu malam (2/11) waktu setempat atau Kamis dini hari WIB (3/11).

Saat memberikan keterangan persnya, Hatta didampingi oleh Menkeu Agus Martowardojo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu, Wamenkeu Mahendra Siregar, Ketua Komite Ekonomi Nasional Chairul Tanjung serta Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha.

Hatta menjelaskan, delegasi Indonesia telah menyiapkan usulan dan pandangannya untuk disampaikan di hadapan pimpinan negara-negara G-20. Menurutnya, hal-hal yang disampaikan oleh Presiden SBY bukan cuma menyangkut kepentingan Indonesia tetapi juga para negara anggota ASEAN. “Akan disampaikan apa saja yang sudah dilakukan dalam konteks Indonesia ataupun ASEAN,”ujar Hatta.

Wakil Menkeu, Mahendra Siregar menambahkan, Presiden SBY merupakan pimpinan negara pertama yang ikut merepresentasikan organisasi regional di KTT G-20. Menurut Mahendra, hal tersebut membanggakan karena Indonesia bukan cuma diakui dalam daftar 20 negara dengan pertumbuhan ekonomi yang baik tetapi juga diakui kontribusinya dalam regional Asia Tenggara.

“Belum pernah terjadi sebelumnya, satu leader sebagai anggota G-20 dan juga ketua organisasi regional dalam hal ini ASEAN,”ucapnya.

Pada KTT G-20 tahun ini, Presiden Prancis Nicolas Sarkozy didaulat sebagai tuan rumah. Seluruh pimpinan negara anggota G-20 dipastikan menghadiri pertemuan internasional ini. Selain Presiden SBY, peserta KTT G-20 diantaranya yakni Presiden Amerika Serikat Barack Obama, Presiden RRC Hu Jintao, Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi, Raja Abdullah dari Saudi Arabia, Presiden Korea Lee Myung Bak, Presiden Rusia Dimitri Medvedev dan Perdana Menteri Inggris David Cameron

JURNAS

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK