Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Sunday, November 20, 2011

RI-Australia Bakal Gelar Latgab Tanggap Bencana


 
Wahyu Wening / Jurnal Nasional
Jurnas.com | JURU Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha menyatakan, Indonesia dan Australia akan menggelar latihan bersama tanggap bencana alam. Latihan ini akan melibatkan militer RI-Australia dengan mengundang militer AS.

Selain itu, latihan tersebut juga akan melibatkan badan penanggulangan bencana ASEAN dan militer China. "Sebagai persiapan, akan ada serangkaian pertemuan intensif dua kali antara RI dengan Australia membahas hal ini, dimulai pada tahun depan," kata Julian di Nusa Dua, Bali, Minggu (20/11).

Nantinya, setelah ada pertemuan teknis dan semua jelas, latihan bersama ini juga akan disosialisasikan ke negara-negara ASEAN dan Jepang, serta China yang juga diundang. "Presiden Susilo Bambang Yudhoyono tadi menyatakan amat gembira dengan penjelasan PM Australia Julia Gillard. Hal yang baik ini harus disosialisasikan segera agar bisa mencairkan ketegangan yang terjadi," ujarnya.

Lebih lanjut Julian menjelaskan, berdasarkan pengalaman tanggap bencana alam di Aceh dan Nias, memang penanggulangan bisa cepat dilakukan dengan bantuan militer. "Hal ini sekaligus juga dimaksudkan agar publik mengetahui, bahwa militer bisa dilibatkan secara aktif dalam menanggulangi ancaman non-tradisional, seperti bencana alam dan banjir," ucap Julian.

jurnas

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK