Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Monday, November 21, 2011

Penempatan 2.500 Marinir AS dI DARWIN apa yang harus dilakukan INDONESIA ?

Akhir - Akhir ini media memberitakan penempatan Penempatan 2.500 Marinir AS  di Darwin sehingga banyak komentar dan kritisi terhadap pemerintah : Ada yang mengatakan jangan anggap enteng Penempatan 2.500 Marinir AS di darwin , Penempatan 2.500 Marinir AS di Darwin menggangu stabilitas keamanan di kawasan, dan pemerintah menanggapinya dengan berbaik sangka bahwa sannya Penempatan 2.500 Marinir AS  di Darwin tidak untuk indonesia dan tidak akan mengganggu kedaulatan NKRI , dan Australia dan AS sendiri mendukung dan mensuport serta mengakui kedaulatan NKRI termasuk Papuan sebagai bagian dari NKRI.

Menurut Hemat saya sebenarnya kita semua Baik Pemerintah, Kalangan Elit Politik dan Masyarakat tahu dengan kehadiran 2.500 Marinir AS di Darwin ditu jelas-jelas ditujukan untuk membendung pengaruh Cina di Asia Fasifik Karena Cina sedang melebarkan sayapnya melalui laut cina selatan dengan kapal perangnya dan mengakibatkan terjadinya konflik di laut cina selatan antara cina dan negara-negara anggota ASEAN. Dari sinilah mengapa AS ingin menempatkan 2.500 Marinir AS di Darwin.

Dampak krisis Eropa dan AS, dan memudarnya pengaruh AS di timur tengah hal ini juga yang mendorong AS untuk serius menggarap ASIA FASIFIK sebagai bagian dari kepentingan Nasional AS yaitu untuk pemulihan ekonomi AS hal ini bisa dilihat dari dibentuknya Transfasifik Partnersip yang anggotanya juga meliputi negara - negara Anggota ASEAN tidak dengan indonesia karena pelaku -pelaku industri kita belum siap dan indonesia tidak ikut serta merta dan ikut ikutan masih dikaji untung dan ruginya .

ASEAN sebagi wadah para pemimpin Asia tenggara telah berhasil dalam menyatukan para pemimpin Asean Agar Kawasan ASEAN bukan daerah konflik dan pertumbuhan ekonomi ASEAN seiring dengan waktu telah menunjukkan tren yang positif, ASEAN yang diketuai INDONESIA (2011) tidak ingin terjebak dalam konflik-konflik negara besar seperti AS,CINA,Russia.  Dan Indonesia menjadi tempat yang strategis letaknya  dan berhasil lolos dari krisis ekonomi memancing negara - negara adi daya berebut pengaruh di INDONESIA khususnya dan ASEAN umumnya .

Cina telah mendahului rivalnya AS dan Russia dengan menggandeng ASEAN + CINA, kemudian menyusul Rusisa AS. Cina telah berhasil melakukan perdagangan dengan RI alhasil produk CINA membanjiri INDONESIA .  Bukan hanya di bidang ekonomi cina bekerja sama dibidang militer.

RUSIA mempunyai sejarah baik dengan INDONESIA  pada waktu dekade 60 an . sekarang hubungan baik itu dibuka kembali di bidang politik sosian budaya dan pertahanan, alhasil kita membeli sukhoi, BMP3, MI17,MI35, rudal yakhont bahkan sampai dengan tingkat TOT dan mengakuisisi sukhoi dan menginvestasi modal secara besar besar di Indonesia.

Amerika Serikat Tidak mau kalah dan tidak mau ditinggal kan INDONESIA Alhasil dibidang pertahanan mensuport F16 TNI AU dari suku cadng dan pemeliharaannya bahkan sampai upgrade, bahkan AS memberi Grand untuk INDONESIA berupa 24 unit F16 C/D blok 25 dengan persyaratan harus diup grade terlebih dahulu , adapun biaya up gradenya mencapai $750 juta bahkan AS menyumbang dana untuk pembangunan $600 juta dolar dan mendukung Reboiasi hutan INDONESIA  yang tidak sedikit dana digelontorkan.

Untuk INDONESIA dengan prinsip zero enemy dan 1000 teman dan tanpa meninggal kan prinsip Gerakan non blok selalu tampil independen dan netral ini terbukuti masalah Palestina tidak sejalan dengan AS, masalah Isu nuklir Iran Tidak sejalan juga dengan AS.

Dengan pemaparan diatas sebenarnya INDONESIA Paham betul niat dan tujuan Penempatan 2.500 Marinir AS  di Darwin dan saya yakin Pemerintah dan para petinggi TNI sudah memikirkan hal tersebut diatas hanya saja tidak perlu informasi mengenai pertahanan dan kemanan suatu negara harus dibeberkan ke publik.

Jadi langkah langkah pasti yang perlu harus di Pastiakan dan harus di terapkan
1. INDONESIA harus menjaga INDEPENDENSI sebagai negara gerakan NON BLOK.
2. Menjaga Stabilitas Keamanan di kawasan dengan cara diplomasi damai tanpa harus dengan kekuatan militer
3. Menerapkan dan merealisasi KKT ASEAN dan perjanjian LOMBOK dengan Australia
4. Mempercepat Rentra TNI dan MEF
5. Dukung Industri Pertahanan RI
6. Terus menjaga hubungan Baik Antara sesama Anggota ASEAN dan negara-negara ADI daya.

Kiranya kita sebagai masyarakat harus mendukung Pemerintah kita dengan melaksanakan kewajiban kita masing masing sesuai dengan perannya masing masing, menjaga persatuan dan kesatua NKRI sehingga kita tidak mudah di cerai beraikan oleh musuh kita. merdeka

By : INDONESIA DEFENCE


0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK