Presiden Barack Obama dan Michelle Obama akan menjadi salah satu pasangan pemimpin top dunia yang menghadiri KTT Asia Timur di Nusa Dua, Bali. Obama berulangkali menyatakan Asia adalah prioritas kebijakannya. (REUTERS/Mike Blake)

Kuta (ANTARA News) - Presiden Amerika Serikat Barack Obama dan para kepala negara/pemerintahan mitra ASEAN lainnya akan tiba di Denpasar guna menghadiri KTT ke-19 ASEAN dan KTT terkait lainnya di Nusa Dua, Bali.

Para pemimpin ASEAN termasuk Perdana Menteri Thailand Yingluck Shinawatra sudah berada di Bali dan menghadiri pembukaan KTT ASEAN ke-19. 

Mereka tiba dini hari sekitar pukul 02.30 WITA, sedangkan Presiden Barack Obama akan sampai di Bali Kamis malam ini, usai lawatan dua hari di Australia.
Komandan Pangkalan Udara Ngurah Rai Bali Letkol Pnb Jumarto mengatakan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki Moon juga akan tiba Kamis ini

Namun Ban ki Moon akan tiba lebih dulu dibandingkan Obama pada siangnya.  Begitu pula Perdana Menteri China Wen Jiabao, Presiden Korsel Lee Myung-bak, PM Jepang Yoshihiko Noda, dan PM India Manmohan Singh.

Pada hari yang sama Menlu AS Hillary Clinton juga tiba di Bali.

Hingga Kamis, segala persiapan utamanya pengamanan terus ditingkatkan dari waktu ke waktu. 

Terkait kedatangan para pemimpin sejumlah negara di Asia Pasifik ini, General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Ngurah Rai Purwanto mengatakan perusahaan penerbangan internasional dan domestik mesti menyusun ulang jadwal keberangkatan dan kedatangan pesawat melalui Bandara Ngurah Rai.

"Ini untuk menghindari penundaan penerbangan," katanya.(*)