Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Monday, November 14, 2011

ASEAN kian seksi


Senin, 14 November 2011 18:35 WIB | 726 Views
Perdana Menteri Australia Julia Gillard, Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden A.S. Barack Obama semula akan menghadiri KTT ASEAN di Bali, namun kemudian Obama yang dipastikan hadir diantara ketiga pemimpin itu. (ANTARA/REUTERS/Jason Reed)
Berita Terkait
Nusa Dua, Bali (ANTARA News) - Penyanyi pop Filipina Maribeth mengatakan ASEAN semakin maju, sementara Menteri Komunikasi dan Informatika Tifatul Sembiring menyebut ASEAN mendapat perhatian serius dunia.

Pernyataan kedua orang ini bukan isap jempol semata.  Buktinya KTT Asean Ke-19 yang diikuti pertemuan-pertemuan tingkat tinggi lainnya sepanjang pekan ini di Bali, akan dihadiri pemimpin terpopuler sejagat, Presiden Amerika Serikat Barack Obama.

Bukan saja karena berkaitan dengan KTT Asia Timur, Obama mendatangi Bali, tapi juga itu wujud bahwa AS memang merasa harus masuk pusaran kecenderungan dunia dewasa ini yang memang tengah mengarah ke Asia di mana Asia Tenggara termasuk di dalamnya.

Menteri Luar Negeri AS Hillary Clinton bahkan menyatakan kini adalah "abadnya Asia," sedangkan PM Australia Julia Gillard mengatakan negara-negara Asia semakin menentukan masa depan Australia.

Mungkin pernyataan-pernyataan ini belum cukup membuktikan bahwa Asia dan ASEAN memang kian menarik dunia.

Dan bukti-bukti berikut mengenai daftar undangan investor-investor papan atas di forum regional paling prestisius setelah Uni Eropa ini bisa menguatkan keyakinan di atas.

Sederet konglomerat kawasan dan dunia ada di dalamnya.

Mereka diantaranya Boeing dan Microsoft, raja minyak Amerika Latin Petroleo Brasileiro atau Petrobras, kemudian penguasa industri penerbangan murah Air Asia, grup konglomerat utama India GVK, raja konstruksi dari Korea Selatan POSCO.

Keseksian ASEAN ini membuat KTT ASEAN ke-19 menggelar forum bisnis yang diantaranya mengusung tema "ASEAN, pelabuhan untuk investasi."  (*) 


ANTARA

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK