Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Wednesday, November 16, 2011

Berbagai Teknologi Canggih Dipamerkan



 
Agung Kuncahya B. / Jurnal Nasional
Jurnas.com | BERBAGAI teknologi canggih dipamerkan dalam Pameran Inovasi Indonesia 2011. Ada 14 stand yang menjadi peserta dalam pameran yang diadakan selama 4 hari di Terra Atrium Central Park, Jakarta.

Kepala Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi BPPT Marzan Aziz Iskandar mengatakan even ini diadakan untuk pengembangan inovasi masyarakat dalam bidang teknologi. “Ada 14 stand yang menampilkan teknologi terkini,” kata dia dalam pembukaan pameran inovasi Indonesia di Jakarta, Rabu (16/11).

Beberapa Penemuan Teknologi dalam acara ini antara lain:

LIPI berhasil menemukan inovasi teknologi pengalengan gudeg Bu Citro dan sayur Lombok hijau khas Indonesia.Universitas Brawijaya berhasil mengembangkan pasteurisasi metode pengawetan susu (susu listrik)Universitas Negeri Semarang berhasil menciptakan software laptop pelacak anti maling yang dikenal dengan nama Gematop (Get Maling Laptop). Dengan memasang Gematop pada laptop akan sangat memudahkan pemilik untuk melakukan pelacakan jika terjadi sesuatu hal yang tidak diinginkan (kehilangan laptop). Secara otomatis Gematop bekerja sembunyi-sembunyi memotret wajah pengguna laptop dan mengirim berbagai data yang dibutuhkan ke email pemilik untuk memudahkan dalam hal keperluan pelacakan.Universitas Tarumanegara menciptakan robot yang diberi nama eksapot. Robot ini bisa menjangkau daerah yang tidak bisa dijangkau oleh manusia.Politeknik Caltex Riau berhasil menciptakan Head Controller Wheel Chair (Kursi roda dengan sensor gerak kepala). Kursi roda ini menggunakan pengaturan pergerakan kepala.Universitas Bina Nusantara menciptakan alat penghemat listrik (Century Saver dengan cara menghilangkan arus boros / induksi pada tiap peralatan elektronik). Alat ini bisa menghemat listrik sampai 30 persen.

Marzan berharap semangat seperti itu, bisa tumbuh terus sehingga bisa menciptakan inovasi baru di bidang teknologi. “Masalah sehari- hari bisa menimbulkan ide menjadi inovasi,” katanya.

JURNAS

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK