Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Thursday, December 15, 2011

KSAL: Armada Laut Kuat Dukung Perekonomian Negara



 
Desmunyoto P. Gunadi / Jurnal Nasional
Jurnas.com | KEPALA Staf Angkatan Laut (KSAL), Laksamana TNI Soeparno mengatakan kehadiran armada angkatan laut suatu negara terkait erat dengan pengamanan terhadap jalur-jalur perdagangan yang diangkut oleh armada niaga dari berbagai gangguan dan ancaman keamanan di laut.

Oleh karena itu, kehadiran armada angkatan laut yang kuat menjadi kebutuhan mutlak suatu negara. Hal ini bertujuan untuk menjaga dan melindungi kedaulatan bangsa dan negaranya serta memberikan rasa aman bagi para pengguna laut dalam melaksanakan aktivitasnya guna mendukung perekonomian suatu negara.

Demikian pendapat KSAL Laksamana TNI Soeparno Wakil dalam makalah tertulisnya yang disampaikan oleh Asisten Operasi KSAL, Laksamana Muda TNI Hari Bowo pada Seminar Nasional bertajuk "Keamanan Laut Untuk Kemandirian dan Kesejahteraan" yang diselenggarakan oleh Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakorkamla) di gedung Graha Jala Puspita, Jakarta, Kamis (15/12).

jurnas
Soeparno berharap keberadaan TNI AL yang kuat diperlukan untuk melaksanakan tugas penegakan kedaulatan dan hukum di laut. Kekuatan angkatan laut juga diperlukan agar mampu melindungi kehormatan dan keselamatan bangsa di wilayah perairan Indonesia. "Armada Angkatan Laut yang kuat akan berdampak positif dalam menciptakan kondisi yang aman dan terkendali dari berbagai bentuk ancaman kekerasan di laut," katanya.

Menurutnya, adanya jaminan keamanan akan memberi ketenangan serta rasa percaya bagi para pengguna laut. Selain itu, mampu menurunkan tarif transportasi antarpulau sehingga arus perdagangan antarpulau menjadi tinggi.

Juga mengurangi jurang perbedaan perekonomian antardaerah di Pulau Jawa dengan pulau-pulau lainnya. "Dampak lain dari kehadiran TNI Angkatan Laut adalah terjaganya keberadaan sumberdaya alam di laut dari ancaman kerusakan dan pencurian yang dapat merugikan negara," katanya.

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK