Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Wednesday, December 28, 2011

Bertahan Dengan Alutsista tua

F16 jet fighter (photo : Militaryphotos)
Ini adalah tanya jawab dengan pengamat militer yang tidak mau disebut lengkap namanya IWJ pangilannya

Admin : Pak IWJ ahir ahir ini ada pengamat mengatakan kita bertahan dengan alutsista tua apakah benar demikian ?

IWJ : ehm.... ya sah sah saja dia ngomong kaya gitu wong dah di bayar dan dah diset terus diedit hehehe....
sebenernya gak kaya gitu parahnya memang benar ada alutsista tua tapi yang baru dan modernkan ada juga
jangan lah menghilangkan fakta yanga ada lo le..

Admin : Misalnya apaja ya pak sehingga masyarakat tidak bingung dengan pernyataan pernyataan yang di tv itu


IWJ : lo kitan dah punya sukhoi 10 unit, bahkan pesan 6 unit lagi dan tunggu kedatangannya, panser anoa kita buatan pindad
kan baru semua KRI kita itu yang tugas di lebanon emang itu KRI abal-abal itu semu pakai peralatan canggih kalu tidak
gak mungkin ada disana toh? Kapal Cepat Rudal KRI clurit karya anak bangsa yang dilengkapi rudal C705 itu baru lo, terus LPD KRI
banda Aceh Buatan PT PAL bekerjasama dengan KORSEL. yang baru baru TNI 17 unit BMP3 F itu masih fress, Helikpter MI17/35
yang baru beli itu gmn? hehe weleh weleh .. weleh

SUKHOI TNI AU
6"

KRI Sultan Iskandar Muda akan gantikan KRI Frans Kasiepo bertugas di Lebanon. (Foto: Koarmatim)Admin:Terus Apalgi Pak

KRI Clurit 641 kapal baru jenis FAC-M untuk TNI AL (photo : Antara)


IWJ : apalagi ya yaaa itu pesawat tanpa awak kita yang ditempatkan di lanud supadio itu baru itu, merian howizer dari korsel, rudal grom,
helikopter buatan PT DI , terus gini Kapal selam yang telah dibeli dari rusia itu gimana ayoo walau masih belum ada pengakuan dari pemerintah
tapi dari pihak rusia bahkan dah ada pengkuan dubesnya sendiri lo yang bilang.

Admin : hehehe ternyata banyak juga ya pak itu baru jenisnya jumlahnya wah gak ke itung tuh, nah denger denger tuh Angaran pertahan kita meningkat?
betul gak sih pak?

IWJ : ya memang meningkat dalam rangka untuk memenuhi Minimum Esencial Force (MEF)

admin: Ok pak kalau di tv ini kan banyak yang buruk buruknya aja tuh tentang prestasi indonesia baik dlm pertahan , industri pertahanan
alutsista ada gak sih prestasi yang positif nya?

IWJ : Lo ya banyak to LE LE, maklumlah namanya TV punya orang yang berpolitik mencercaa saja, tapi kebaikan kebaikan kita jadi tenggelam
banyak lo prestasi KEMHAN KITA yang lebih mengejutkan Kerja sama Pembuatan Jej tempur generasi 4,5 stealth haaa bayangakan LE, ini kerjasama
RI dengan KORSEL, Kerjasama Pembuatan KAPAL SELAM dengan RI KORSEL, Kerjasama pembuatan Kapal Perusak Kawal Rudal digadang terbesar di Asia
tenggaranga itu PT PAL dengan Damen da i belanda. aduh banyak lo LE...

admin : Lainya

IWJ : Kerjasama PT DI dengan Air Bus militari dalam joint Production Pesawat angkut militer CN295, keberhasilan LAPAN dalam buat rudal berpandu laser,
Pindad dengan rudal RHan nya, panser DOOSANYA, dengan HAMERNYA, lebih mengejutkan lagi Rusia mau TOT dalam pengadaan KS pemeliharaannya,

admin : aduh ..... ko saya pernah denger di TV ya pak IWJ? cek cek padam


Admin : Nah itu sudah lah , tapi kita mau kedatangan alutsista baru apakah benar pak?

IWJ : ya sangat benar sekali, kita nanti ditahun 2012 selamt datang 1 skuadron super tucano, T50 golden eagle 16 unit, 6 sukhoi, nah ini ini MBT leopard
MBT T90,MRLS,

ADMIN : LO HIBAH F16 itu gimnan katanya rongsokan katanya lebih baik beli baru?

IWJ : ya itu bukan hibah tapi grant dari AS, karena AS mengangggap RI sahabat dan mitra yang sangat penting di kawaasan asia fasifik
itu bukan rongsokan masih laik pakai hanya saja As meminta kita untuk up grde dari blok 25 ke 32 , kemampunya diset mendekati blok 52
gitu loo leee
nah ini yang akan di upgrde

November 17, 2011 (by Asif Shamim) - The Defense Security Cooperation Agency (DSCA) notified Congress November 16 of a possible Foreign Military Sale to the Government of Indonesia for the regeneration and upgrade of 24 F-16C/D block 25 aircraft and associated equipment & logistical support for an estimated cost of $750 million.


The Government of Indonesia has requested a sale for the regeneration and upgrade of 24 F-16C/D block 25aircr f and 28 F100-PW-200 or F100-PW-220E engines being granted as Excess Defense Articles.

The upgrade includes the following major systems and components:

  • LAU-129A/A Launchers
  • ALR-69 Radar Warning Receivers
  • ARC-164/186 Radios
  • Expanded Enhanced Fire Control (EEFC) or Commercial Fire Control or Modular Mission Computers
  • ALQ-213 Electronic Warfare Management Systems
  • ALE-47 Countermeasures Dispenser Systems
  • Cartridge Actuated Devices/Propellant Actuated Devices (CAD/PAD)
  • Situational Awareness Data Link, Enhance Position Location Reporting Systems (EPLRS)
  • LN-260 (SPS version, non-PPS)
  • and AN/AAQ-33 SNIPER or AN/AAQ-28 LITENING Targeting Systems
nah kira kira begitulahhh leee



Admin : Gitu ya bapak pande juga berbahasa inggris intelek lagi , oh iya kenapa TNI pilih Grant dari pada beli baru?

IWJ : Begini lo LE .... indonesia luas minimummya perlu dijaga 180 pesawat , nah untuk mengejar itu dengan dana yang pas pasan TNI pilih jumlah banyak dari pada baru cuma 5 biji, maka diterimalah grant F16 sebanyak 24 unit + 6 unit untuk suku cadang, itu blok 25 mau di upgrade ke 32 + , disamping itu kalau kita beli yang baru kita pesan sekarang 4 bahkan 5 tahun kedepan kita baru dapat pesawatnya , sementara kebutuhan kita untuk MEF sangat mendesak dah saat TNI bangkit maklumlah dan wajar dan 20 tahun blm ada modernisasi, jadi wajar saja TNI mengejar ketertinggalan dari negara-negara sahabat dikawasan, bukan untuk perang loo untuk bertahan menjaga kedaulatan NKRI kita.

Admin : gitu ya pak, katanya kita kalah dengan negara tetangga gimana menurut bapak?


IWJ: Berbicara kemampuan saya jamin TNI masih unggul ini terlihat dari latihan-latihan bersama dengan negara sahabat, kalau berbicara alutsista cth mly disana ada sukhoi dan mig kita juga ada sukhoi disana ada hornet kta ada F16 disana ada F5 kita ada F5 tiger, mendatang kan armada kita bertambah terutama untuk sukhoi dan F16, sukhoi rencananya 180 sukhoi, kedepan kita punya F33/IFX/KFX 50 unit, tapi yang saya garis bawahi profesional mentalitas , miltansi TNI kita patut diacungi jempol toh leee leee.

Admin : Hidup untuk TNI, waah bagusnya bapak yang gantiin komentator di TV itu ya karena berbeda jau dengan yang saya lihat dan di dengar. nah berbicara prestasi TNI ya pak apa aja kira -kira mungkin bapak tau?

IWJ: Kalo banyak tahu sih gak LE cuma saya baca baca info saja, setahu saya setelah TNI mereformasi diri jauh berbeda dari masa masa sebelumnya dan TNI sudah bisa diterima masyarakat, nah berbicara prestasi kita patut bangga dengan TNI seperti :
1. KOPASUS kita masuk jajaran peringkat ketiga dunia versi dicoveri channel, ingris ,AS, Rusia dan Cina mengakui KOPASU dan mereka memperhitungkannya.
2. Dalam misi perdamainan TNI lebih banyak diterma di pendudukan lokal seperti di Lebanon, Kongo.
3. Keberhasilan TNI di somalia sayang di TV kurang diexpose.
4. TNI Juara tembak seasean, bahkan dunia itu senjata yang TNI gunakan adalah karya anak bangsa SS2 biatan pindad.
5. TNI masuk desa , melaksanakan kekiatan sosial ini yang jarang diekspose LE  padahal ini penting lo.
6. Diglobal Fire TNI kita berada urutan 14 sedunia banyangkan sedunia LE.
7. Dulu diera 60 , TNI kita mengalami kejayaannya baik dari personil dan alutsista , ( ada bomber, kapal jeljar KRI irian , mig fresko , kapal selam semua dari rusia , adajuga dari AS seperti bomber,hercules) tepatnya trikora nah sekarang mungkin terjadi trikora jilid 2 karena kita sekarang membeli alutsista secara besar besaran dalam rangka mencapai MEF. banyak lagi le...
...

Admin : wah saya jadi perperangak mendengan berita ini pak tapi giman dengan  uLah OKnum TNI yang ugal ugalan

IWJ : lo itukan oknum TNI gak mewakili korps TNI lo LE LE, salah ya kita hukum sesuai prosedur hukum yang ada di indonesia LE, nah TNI kan da_i rakyat oleh rakya dan untuk rakyat.

Admin : gitu ya pak hehe, kita kembali ke alutsista nah sekarang kan mau beli alutsista besar besaran karena TNI kitah dah ketinggalan , untuk mengatasi rawan embargo gimana ya pak?


ROKS Chang Bogo (SSK 61). (Foto: U. S. Navy/Photographer's Mate 1st Class David A. Levy)IWJ : nah itu dia embargo, embargo jadikan ini sebagai pelajaran, tapi alhamdulilah para petinggi TNI kita sadar akan hal ini, mereka telah melakukan langkah langkah yang tepat seperti deversifikasi alutsista jadi gak tergantung sama suatu negara saja. contoh kita beli sukhoi , BMP3F, KS, MI17/35, rudal yakhont  dari rusia yang menjanjikan tidak ada embargo dan unsur politik dalam pengadaan alutsista, dengan brasil kita membeli supertucaano, dengan korea selatan kita membeli KS dan T50 Golden Eagle, dengan AS kita beli F16 , cina dengan pembelian rudal, jadi balance of power dalam pengadaan alutsista itu ada apabiala ada suatu negara mengembargo kita tetap jalan. yang Kedua Alhamdulillah Presiden kita melalui kemhan telah merevitalisasi industri pertahanan kita dan menyuntik dana agar industri pertahan tersebut hidup sperti PT.DI,PT.PAL,PT PINDAD dsb dan mewajibkan membeli produk dalam negeri seperti SS2,PAnser Anoa, rudal Rhan, KCR, dan produk militer lainya , produk yang tidak bisa atau masihbelum mampu dibuat oleh industri pertahanan kita , kita beli kenegara lain dengan cara TOT ( transfer of technology) contoh KFX/IFX , KS RI dan Korsel, KS RI dan rusia, masih banyk yang lainnya.


Admin : Aduuh berbanding terbalik kali yaaaa tv tv media kenapa hal hal diatas gak di beritakan kenapa gak dieksopose? why why? gerem jadinya nih pak,.... maaf ya pak agak terlaluuu gimanaaa gituuu

IWJ : satu lagi Le banyak anak bangsa ini yang berhasil di negeri lain seperti di Boeng, Air Bus, nah Le tau sendiri pembuatan Boeing dreamler itu ada Ir - Ir indonesia ,..LAPAN dah berhasil buat roket berpandu laser bahkan nanti 2014 kita akan meluncurkan satelit sendiri bayangkan kalo roket yang mebawa satelit itu kita kasih war head, jadi meriang semua lah negara sahabat kita hehehehe....

Admin : cek cek iya ya pak....Oklah kalau gitu pak terimakasih atas kuliah umumnya hehehe makasih dah mau jawab atas pertanyaan saya ya pak.

IWJ : Ok nak oh LE nda papa bapak juga terima kasih Le ni dah capek capek berkunjung ke tempat bapak, nah sekarang mari makan sop sipiroknyaaa leee


Admin : aduuh ngrepotin lo bukannya saya ngasih bapak eee bapak ngasih makan bapak,...BTW nih enak juga ya pak

IWJ: mari marii Nak

nah para pemirsa semoga informasi diatas dapat mengkonter berita berita yang selama ini jelek saja dengan bangsa ini padahal bangsa ini dikenal dengan segudang prestasinya.. amin

By INDONESIA DEFENCE

10 komentar:

Anonymous said...

Betullllll........wah kalo percaya pengamat yang ngomong di tv negara kita sudah bubar dari dulu, maju terus TNI.....berjuang dan nga banyak omong, salut banget buat TNI

Anonymous said...

makanya banyak pengamat yang bermental Asing, wajar saja mereka ga suka dengan kenyataan kebangkitan militer indonesia, mereka mau menggemboskan semangat kita, bangsa ini dengan mengatakan alutsista kita tua, ga sanggup perang dengan tetangga, dll, hati-hati, jangan mau telan mentah-mentah, apa lagi yang kasih komentar orang asing.

abg said...

klo di tv ga pernah tu dengar kesuksesan tni,kemrntar selalu negatif.coba fositif nya pasti banyak yg bangga.

abg said...

TNI INDONESIA........MAJU TERUS........

Anonymous said...

Mantab TNI semoga tahun 2012 nambah bnyk lg senjata2 yg baru.

Anonymous said...

biarkan pengamat berbicara, tapi TNI terus berbuat untuk membuktikan kemampuan militernya, INDONESIA MAJU dan MAJU....

Anonymous said...

SAMBUNGANYA KAPAN BUNG

Senapati Darma said...

pengamat TV di setting buat ngerusak....krn bisanya cuma omdo...maklumlah.... lumayan duitx wlau cm omdo.... kerjaan paling mengenakan...datang, ngomong aneh2... eh dapat duit.... berbanding terbalik dgn masyarakat kecil... utk duit 1000 sj harus memeras keringat, banting tulang.... komentator2 tv paling jago klo ngomong kepedihan masyarakat tanpa mrk sndri sebenarnya g berada diantara mereka masyarakat2 kecil.... justru komentator2 itu mengeruk duit dari nasib orang kecil....

Anonymous said...

maju terus negaraku, maju terus TNI ku...buat segan negara dunia dengan prestasi dan semangatmu

Anonymous said...

rakyat indonesia cinta TNI........!!
jayalah TNI.....
jayalah Indonesiaku!

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK