Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Monday, December 26, 2011

BERITA SEBELUMNYA TENTANG KAPAL SELAM RI : PANGLIMA TNI: KAPAL SELAM PENTING BAGI INDONESIA



Madiun, Panglima TNI, Marsekal Djoko Suyanto menyatakan bahwa keberadaan kapal selam sangat penting bagi Indonesia sebagai negara kepulauan.

"Kalau ada negara lain yang berkomentar soal pembelian kapal selam, ya silakan saja," katanya usai berziarah ke makam ibundanya di Makam Srindit, Kelurahan Nambangan Kidul, Kecamatan Taman, Kota Madiun, Jawa Timur, Sabtu.

Panglima Djoko Suyanto tidak menanggapi kabar yang menyebutkan bahwa pemerintah Australia bersikap dingin tentang rencana Pemerintah Indonesia membeli 12 kapal selam dari Rusia.

Menurut panglima, rencana TNI AL membeli 12 kapal selam dari Rusia itu merupakan bagian dari proyek pengadaan senjata hingga tahun 2024 yang bertujuan memperkuat pertahanan dan sebagai alat strategis untuk mengamankan wilayah perairan Indonesia.

Fungsi kapal selam bagi TNI-AL, kata dia, sangat penting mengingat Indonesia merupakan negara kepulauan yang tidak menutup kemungkinan banyak kapal-kapal selam asing yang mencoba mengintai perairan Indonesia.

Apalagi pada saat latihan tempur TNI AL, dikhawatirkan adanya kapal selam milik negara asing yang setiap waktu selalu mengikuti dan mengintai.

"Maka keberadaan kapal selam tersebut merupakan kebutuhan yang penting," katanya.

Pernyataan panglima TNI tersebut disampaikan menanggapi adanya pemberitaan di salah satu koran nasional hari Sabtu yang menyebutkan Menteri luar negeri (Menlu) Australia Alexander Downer sempat bersikap dingin terkait pembelian 12 kapal selam dari Rusia.

Selain itu, kepala Pusat Studi Strategis dan Pertahanan Australian National University, Hugh White, menyatakan bahwa pembelian kapal selam itu dinilai menjadi ancaman nyata kepada kapal perang Australia.

Pasalnya kapal selam buatan Rusia tersebut berkualitas tinggi yang akan secara signifikan meningkatkan kemampuan Indonesia. Sehingga kemungkinan adanya konflik terbuka antara Australia dengan Indonesia sangat besar.

Sumber : Antara

19 komentar:

Anonymous said...

apapun itu, indonesia memang memerlukan jumlah kapal selam lebih dari yang ada saat ini. toh itu juga merupakan bagian dari kesetaraan kekuatan militer Indonesia-Australia.

bahasa sederhananya, "Warning" buat negara mana aja yang mau mengganggu kehormatan bangsa ini.

Lamberth Hitong, Timika said...

Bangun terus kekuatan pertahanan Indonesia biar tetangga sebelah tidak berani lagi mengganggu teritorial Indonesia.

bahruzi said...

iya mending membeli ke rusie daripada ke paman sam ause selalu menghalangi....Apakah benar Mau menjadi negara aggressor? jawabnya tidak mungkin karena kultur dan historisnya gak seperti itu, masalah kekuatan pertahanan hanya sebagai penangkal aja.....

jayalah indonesiaku said...

bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya....

jayalah indonesiaku said...

bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya....

jayalah indonesiaku said...

bangunlah jiwanya bangunlah badannya untuk Indonesia Raya....

Anonymous said...

Jadikan negara kita ini negara yang kuat, dengan demikian bangsa lain akan menghormati dan terciptanya rasa saling menghargai antar-bangsa.

Anonymous said...

bukannya panglima TNI sekarang ini Agus Suhartono ya... Djoko suyanto sebelum Agus Suhartono

Anonymous said...

saya dukunng.. maju terus indonesia biar gak diremehkan oleh negara lain, percanggih persenjataan untuk membela kehormatan.

Lamberth Hitong, Timika said...

"iya mending membeli ke rusie daripada ke paman sam ause selalu menghalangi....Apakah benar Mau menjadi negara aggressor? jawabnya tidak mungkin karena kultur dan historisnya gak seperti itu, masalah kekuatan pertahanan hanya sebagai penangkal aja....."

Saya sangat setuju dengan pendapat om Bahruzi...mending beli di Rusia sj. Krn pertama harganya lebih murah untuk alutsista yang setara... kedua, Rusia tidak akan mengenakan embargo alutsista yang dibeli oleh negara lain.., ketiga: KEcanggihan teknologi nya telh terbukti pada tahun 60an, kekuatan persenjataan Indonesia yang dibeli dari Rusia (dulu Soviet) ditakuti oleh Barat, termasuk AMERIKA...

Tapi harus juga membangun kekuatan diplomasi dengan Rusia, supaya jangan sampai negara lain yang tidak sengan dengan hubungan Indo-Rusie, menghalang-halangi... Sekian saran saya... n Bravo Indonesia...

Anonymous said...

maju terus militer Indonesia..., saya dukung. Biar negara tetangga mikir.

Anonymous said...

Ada sesuatu yg agak menggelikan,kenapa negara tetangga sewot dg upaya Indonesia memperkuat alutsistanya. Kalau dipahami,bhw upaya tsb hanya utk menjaga kedaulatan NKRI,tanpa tujuan utk menyerang negara lain. Pada sisi lain,kenama saat kekuatan TNI lemah,mrk pd ramai2 merongrong NKRI. Adakah kesalahan dari upaya Indonesia tsb di mata mereka (negara lain). Hal tsb sangatlah tdk adil bagi Indonesia,tentunya sudah selayaknya bhw setiap negara berhak melindungi kedaulatan wilayah masing2 dg memperkuat alutsistanya.. Bravo Indonesia

Anonymous said...

admin : namanya berita sebelumnya tetang kapal selam tuh berita2 sebelumnya u mengulas menguatkan pernyataan dubes rusia bahwa sannya indonesia dah beli KS type BNV atau kelas kilo 636. jadi berita itu benar tapi gak up date yang up date itu berita tetang pernyataan dubes rusia terhadap indonesia, agan animous said 26,2011, 8:14 PM

Lamberth Hitong, Timika said...

Ada pertanyaan saya untuk bung admin dan agan-agan lainnya, sekiranya ada update informasi tolong dibagikan:

Gimana dengan informasi pembelian 6 Su 27 dan su 30 dari Rusia. Mohon dikasih update informasinya don...k... Ku dah cari di om google tapi informasinya belum memuaskan saya... Mohon diulasnya Bung Admin Yang Terhormat...

Oya satu lagi mengenai Hibah F-16 ke Indonesia...Jadinya gimana tuh...apakah upgrade ke blok 52 atau blog berpa? And bagaimana dengan persenjataan dan perlengkapan lainnya... Mohon diulas juga sekedar untuk memperjelas saja, krn informasinya agak kaburrr...?? Terima kasih n sekian!!

Anonymous said...

anjing menggongong, kafilah tetap berlalu. jalan trs jenderal, jgn hiraukan tetangga yg sdg kepanasan, lengkapi alutsista kita dg teknologi yg tercanggih. bila perlu seluruh rakyat saweran utk borong kapal selam, pesawat, rudal2, tank dll

Anonymous said...

om, itu berita 2007 kalo gak salah, panglima TNI aja masih Pak Djoko
sekarang kan Pak Agus

Anonymous said...

nah, ini baru kemajuan namanya. jati diri, harga diri dan martabat bangsa yang sejati. Tubuh kita saja perlu anti body, apalagi negara kita perlu dijaga kedaulatan, yang konon dahulu dibeli dengan darah bahkan nyawa para pahlawan bangsa. Hidup indonesia...!!!!

Anonymous said...

MARI KITA BANGUN KEKUATAN TNI KITA MENJADI HYPHER MAXIMUM ESSENTIAL FORCE DAN BERSIAP-SIAPLAH MENGINVASI AUSTRALIA DAN SELANDIA BARU !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!
KITA AKAN MELAKUKAN PEMBANTAIAN BESAR-BESARAN SAUDARAKU !!!!!!!!!!!! JANGAN LEWATKAN KESEMPATAN INI !!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

GO INDONESIA said...

SETUJU UNTUK BANGUN KEKUATAN T N I MENJADI SUPER, APALAGI DARI HASIL KARYA ANAK BANGSA,.....
SOAL INVASI GAK LAH,..ITU TERLALU,...
DOKTRIN KITA CUKUP DENGAN PERTAHANAN, BUKAN PENYERANG,.....PEMBANGUNAN ALUTSITAS KITA SAAT INI, BISA JADI B I N KITA TELAH MELIHAT GELAGAT TIDAK MENYENANGKAN AU SIA L DALAM MENYIKAPI PAPUA,..DISAMPING TERMOTIVASINYA KEMANDIRIAN ALUTSITA AKIBAT EMBARGO,...SI SAM UDAH NONGKRONG DI DARWIN AU SIAL,..DNGN INDUKNYA,..BERUSAHA MELEGALKAN EKPLOITASI EMASNYA DI FRE CROT PROT,..KRN EKONOMINYA UDH MONCROT JADI MEREKA MENJALANKAN AGENDA PD III DI ASIA-PASIFIK ( 2 KOREA,..JPNG CINO,..DAN KAWASAN)MEMBATALKAN YG DI TIMURTENGAH, AKIBAT ULAH CINO DAN JPNG YG GAK MAU PAKE DODOL AR UNTK PERDAGANGANNYA,..DIKHAWATIRKAN SI SAM, SE ASIA DAN NEGARA LAIN AKAN IKUT2AN YG BERAKIBAT SIDODOL AR NYA PULANG KAMPUNG DAN MENJADI BUMERANG BAGI MEREKA HINGGA EKONOMI MEREKA TAMBAH MONCROT KARENA SIDODOLNYA GAK ADA NILAINYA,...MANGKANYA MEREKA CARI EMAS KITA,..(GAK LAH SAM, AGENDA YG LOE BAKAL KERJAIN GAK BAKAL BERHASIL SEPERTI TAHUN 1930,..HEHE ),..TEGASLAH NEGARAKU UNTUK MENGAMBIL KEMBALI EMAS YG DIKERUK MINIMAL S T O P EKSPLOITASI FRECROT UNTUK KESEJAHTERAAN RAKYAT KHUSUSNYA SAUDARA KITA DI PAPUA,..YANG PASTI JAYALAH BANGSA DAN NEGARAKU,..MENDEMLAH PARA PENGHIANAT BANGSA,....

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK