Pages

Tuesday, March 1, 2011

Polri Akan Dapat Bantuan Peralatan dari FBI

Tribunnews.com - Rabu, 2 Maret 2011 09:07 WIB
 
Polri Akan Dapat Bantuan Peralatan dari FBI
TRIBUNNEWS.COM/HERUDIN
Kabareskrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Qodir

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA -
Rombongan Direktur Federal Bureau of Investigation (FBI) dipimpin langsung Direkturnya, Robert S. Mueller, dijadwalkan berkunjung ke Mabes Polri, KPK, dan BNN, Rabu (2/3/2011) ini.

Dalam kunjungan singkat sehari ini, akan dilangsungkan penandatanganan nota kesepahaman dengan beberapa instansi.

Khusus untuk Polri, FBI akan memberikan bantuan berupa peralatan terkait kejahatan transnasional, yakni terorisme, narkotika, pencucian uang, dan perdagangan manusia.

"Biasanya kalau dia datang ada tawaran. Memang menawarkan juga. Tapi, apapapun yang diberikan mereka, itu semua dalam rangka capasity building, peningkatan kapasitas dari SDM. Ada berikan bantuan peralatan," ujar Kabareskrim Polri Komjen Pol Ito Sumardi di Jakarta.

Menurut Ito, selama ini pemberian bantuan terkait penanganan kejahatan transnasional bukanlah dari FBI Amerika Serikat itu. Sejumlah negara seperti kepolisian Australia dan Selandia Baru juga telah memberikan bantuan.

Karena itu, Ito membantah kehadiran kerjasama dengan FBI ini akan fokus pada penanganan kejahatan terorisme. "Bukan terorisme saja. Ada terorisme, narkotik, people smugling, money laundring dan kejahatan lain yang menjadi perhatian," tandasnya.

Dalam kedatangan ke Indonesia ini, Direktur FBI dijadwalkan akan melakukan conferencee call dengan Kapolri Jenderal Timur Pradopo.

"Kebetulan dia (Ditektur FBI) datang ke beberapa negara ASEAN. Waktunya cuma sekitar 6 jam (di Indonesia). Sambil mampir, karena kita dianggap berhasil menangani kejahatan transnasional. Kita juga punya banyak alumni dr FBI. Mereka ke sini dalam rangka silaturahmi saja," tuntasnya.

TRIBUN news

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK