Pages

Wednesday, March 30, 2011

Presiden Bertemu Informal Dengan Panglima AB se-ASEAN

Kamis, 31 Maret 2011 10:31 WIB | 472 Views
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono. (FOTO.ANTARA)
Berita Terkait
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengadakan pertemuan informal dengan para Panglima Angkatan Bersenjata se-ASEAN.

Pertemuan digelar dengan bersantap pagi bersama di Jakarta, Kamis, dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro dan Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono.

Juru Bicara TNI Laksamana Muda TNI Iskandar Sitompul mengatakan, para panglima angkatan bersenjata ASEAN berkumpul dalam rangka Asean Chiefs Of Deffence Forces Informal Meeting (ACDFIM) ke-8 2011.

Pertemuan informal panglima angkatan bersenjata se-ASEAN kali ini bertema "Synergizing The Roles of ASEAN MilitariesIn Response To Current Regional Challenges".

Penyelenggaraan kegiatan di buka resmi Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono dan berlangsung hingga 1 April 2011.

Pada penyelenggaraan kegiatan serupa di Hanoi, Vietnam pada 2010, para petinggi militer se-ASEAN telahmengidentifikasi beragam tantangan yang dihadapi ASEAN, antara lain keamanan maritim, terorisme, bencana alam, infeksi penyakit, ketahanan pangan dan energi, serta perubahan iklim.

Pada pertemuan tahun ini, dibahas berbagai tantangan kawasan dewasa ini, serta bagaimana para Panglima Angkatan Bersenjata se- ASEAN memberikan pandangan dalam menghadapi tantangan tersebut. .

"Selanjutnya adalah bagaimana mensinergikan peran Angkatan Bersenjata ASEAN dalam menjawab berbagai tantangan masa kini," kata Iskandar.

Pandangan ACDFIM ini diharapkan dapat menghasilkan kesepakatan bersama yang solid dan komprehensif dalam bentuk `Joint Statement? yang akan memberikan kontribusi yang positif terhadap berbagai masalah, termasuk masalah di Laut China Selatan, sehingga perdamaian dan stabilitas di Kawasan dapat terus dijaga.

Setelah mengadakan pertemuan dengan Presiden Yudhoyono, para petinggi militer ASEAN itu kembali ke Hotel Sultan tempat pertemun informal berlangsung. 


ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK