Pages

Friday, March 18, 2011

Indobatt Gelar Mobile Command Post Exercise

tni_mobile_commandJakarta, Seruu.com - Komandan Satgas Yonif Mekanis Kontingen Garuda XXIII-E/Unifil (Indobatt), Letkol Inf Hendy Antariksa mendapatkan perintah dari Sector East melalui Tactical Operation Center untuk mendirikan Mobile Command Post (MCP) guna mendukung serta mengendalikan pasukan depan di Co. 73478-68300, dalam rangka Operasi Blue Box, Kamis (17/3/2011).
Komandan Indobatt segera menginstruksikan kepada Kasiops agar merencanakan dan melaksanakan perintah tersebut. Selanjutnya Kasiops melalui Perwira Force Protection memerintahkan Tim Battalion Mobile Reserve (BMR) untuk melaksanakan recce dan pembersihan di daerah yang telah ditentukan.
Setelah tempat dinyatakan aman, maka Tim MCP yang terdiri dari kendaraan VAB, Ambulan dan Waltis memasuki kedudukan.  Selanjutnya, personel Support Coy yang telah ditunjuk segera bergerak  keluar dari VAB untuk secara cepat melaksanakan pendirian posko taktis. Dan setelah posko taktis berhasil didirikan, Perwira Perhubungan melaksanakan penggelaran radio komunikasi yang akan dipergunakan oleh Komandan Indobatt sebagai sarana komando dan pengendalian.
Koordinator Latihan, Kasiops Mayor Inf Hendriawan Senjaya didampingi Wakil Koordinator, Kapten Mar Profs Degratment, menuturkan kepada Perwira Penerangan Indobatt Kapten Pasukan Banu Kusworo, bahwa kegiatan latihan ini dimaksudkan untuk melatih dan meningkatkan kemampuan prajurit Indobatt dalam rangka melaksanakan kegiatan Mobile Compound Post. 
“MCP dilaksanakan apabila kita mendapatkan perintah dari Sector East untuk melaksanakan operasi di suatu wilayah yang tidak terjangkau oleh jaring komunikasi yang telah tergelar di Markas Batalyon”, tambahnya.
Latihan yang berdurasi selama 30 menit tersebut diikuti oleh 110 prajurit Indobatt, serta melibatkan 2 VAB Komando, 2 unit ANOA PT. PINDAD sebagai Waltis, 2 Rantis Mitsubishi Strada, 1 VAB Ambulan, dan 1 unit kendaraan Panhar.[puspen/is]

seruu.com

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK