Pages

Thursday, March 24, 2011

Panglima TNI tutup Konferensi Regional PBB ke-3

 
tnI_pbb_3rdJakarta, Seruu.com - Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono, S.E., secara resmi menutup Lokakarya Konferensi Regional PBB Ke-3 (The 3rd UN Regional Conference Workshop), di Hotel Sultan Jakarta, Rabu (23/3).  Konferensi yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut ini akan mengarah pada suatu kerja sama diantara negara-negara pengirim pasukan (TCC/Troops Cotributing Countries) dan negara-negara donor, mengingat landasan kerjasamanya telah terbentuk sebagai hasil dari kolaborasi dan teamwork yang dilakukan oleh para peserta dan pembicara dalam kelompok kerja.
Dalam amanat tertulisnya Panglima TNI menyatakan bahwa dewasa ini bentuk ancaman telah bergeser dari ancaman militer menjadi ancaman non militer. Paradigma perang juga telah bergeser dari bentuk perang  konvesional menjadi perang tersendiri yang unik, yakni perang dalam segala aspek kehidupan.  Hal ini ditandai oleh timbulnya konflik bersenjata di antara anak bangsa seperti yang terjadi di berbagai tempat di dunia. Sejalan dengan perubahan paradigma dalam merespon tantangan dan ancaman, utamanya berkaitan dengan Operasi Militer selain Perang (OMSP), maka lokakarya konferensi semacam ini dilaksanakan sebagai sarana untuk menemukan solusi paling tepat bagi negara-negara cinta damai untuk terus dapat memberikan andilnya terhadap perwujudan tatanan dan perdamaian dunia.
Pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaran Konferensi Regional PBB ke 3 untuk wilayah Asia adalah atas pertimbangan kredibiltas serta peran dan partisipasi aktif Indonesia dalam misi pemelihara perdamaian PBB. Hingga saat ini Indonesia menempati peringkat 16 Negara Penyumbang Pasukan (Troops Contributing Countries), dengan jumlah personil sebanyak 1.692. Saat ini Indonesia terlibat aktif di 7 misi perdamaian PBB (UNPKO) yang tersebar di 6 negara yaitu Lebanon, Sudan, Congo, Leberia, Nepal dan Haiti. Selain itu, Indonesia memiliki kredibilitas dan image yang sangat baik dalam semua misi tersebut. Kontingen Garuda Indonesia juga diakui oleh pihak PBB sebagai pasukan perdamaian yang dapat diterima oleh banyak pihak dan senantiasa dekat di hati penduduk setempat. Prestasi-prestasi inilah yang menjadi salah satu pertimbangan pemilihan Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan konferensi.
Selesai menutup lokakarya, di tempat yang sama Panglima TNI menerima kunjungan Wakil Panglima Angkatan Bersenjata Australia Letnan Jenderal David Hurley dan Wakil Sekretaris Jenderal PBB untuk Urusan Misi perdamaian (USG UNDPKO), Mr. Alain Le Roy. Pada acara tersebut, Panglima TNI didampingi oleh Asintel Panglima TNI Mayjen TNI Tisna Komara W., S.E., Asops Panglima TNI Mayjen TNI Hambali Hanafiah, Kapuspen TNI Laksda TNI Iskandar Sitompul, S.E., Ka PMPP TNI Brigjen TNI I Gede Sumertha KY, PSC dan Staf Khusus Panglima TNI Marsma TNI Y. Prayitno. [ir]

seruu

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK