Pages

Monday, March 14, 2011

Kapal Induk AS Menyingkir Dari pantai Fukushima


nuklirTokyo, Seruu.com - Sebuah kapal induk Amerika Serikat yang rencananya akan memberikan bantuan kemanusiaan kepada korban gempa dan tsunami di Jepang telah berpindah posisi setelah mendeteksi radiasi rendah dari pembangkit listrik tenaga nuklir rusak milik Jepang, demikian keterangan AS seperti dikutip AFP, Senin.
"Armada Ketujuh AS untuk sementara memindahkan kapal-kapal dan pesawatnya menjauhi pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi setelah mendeteksi kandungan radiasi tingkat rendah udara dan wilayah operasi pesawat tempurnya," terang Armada Ketujuh dalam satu pernyataan.
"Sumber dari radioaktifitas udara ini adalah asap radioaktif yang bocor dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi," bunyi pernyataan itu lebih lanjut.
Tingkat radiasi itu sangat rendah sehingga tidak bisa mengganggu kesehatan manusia, lebih rendah ketimbang radiasi alamiah dari bebatuan, tanah atau matahari selama satu bulan.
Kapal induk itu sebelumnya beroperasi kira-kira 160 kilometer di timur laut pembangkit listrik tenaga nuklir itu.
"Sebagai tindakan pencegahan, USS Ronald Reagan dan kapal-kapal lain dari Armada Ketujuh yang akan melakukan operasi tanggap bencana di wilayah itu telah dipindahkan dari wilayah yang bertentangan dengan arah angin untuk menganalisis situasi dan menentukan aksi mitigasi apa yang diperlukan." 

SERUU.COM

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK