Pages

Wednesday, March 2, 2011

Korsel Akan Terima Pesawat Pengintai Berdaya Jelajah Tinggi


Boeing 737 AEW&C (photo : AlastairBor)


Seoul, (Analisa)

Korea Selatan (Korsel) akan menerima pesawat pengintai canggih dari perusahaan penerbangan Amerika Serikat (AS), Boeing, pada tahun ini, kata pejabat setempat, Rabu (2/3).

Pesawat modifikasi Boeing 737 Airborne Early Warning and Control (AEW&C) akan dikirim ke angkatan udara Korsel pada Juli, kata jurubicara kementerian pertahanan. Mereka telah menyelesaikan uji terbang dan sekarang dalam tahap evaluasi akhir, katanya.

Sisa tiga pesawat lain dari kesepakatan pada 2006 senilai 1,6 miliar dolar AS akan dikirimkan pada akhir 2012, katanya. Pejabat militer mengatakan pesawat tersebut akan memperkuat kemampuan Seoul dalam mengintai keadaan udara Korea Utara (Korut). Korsel tidak memiliki perangkat pengawasan berdaya jelajah tinggi dan mengandalkan pesawat pengintai AS, yang berpangkalan di Okinawa, Jepang.

Pesawat AEW&C memiliki berbagai kemampuan kendali dan sistem radar canggih, yang dapat mengawasi secara bersamaan sasaran udara dan laut serta mengarahkan pesawat tempur jet dan kapal laut untuk melawan sasaran tersebut. Pesawat itu memiliki kemampuan jelajah tinggi hingga 12.400 meter dan mengangkut dua pilot serta 10 awak.(Ant/AFP)

HARIAN ANALISA MEDAN

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK