Pages

Wednesday, March 2, 2011

Dua Kapal Perang AS Menuju Libia


Tripoli, (Analisa).

 Kapal tempur AS USS Ponce berlayar melalui Terusan Suez di Ismalia, Mesir, Rabu (2/3), bergerak menuju Libia.

Dua kapal perang AS berlayar menuju Libia, Rabu (2/3) ketika negara-negara Barat mulai memperlihatkan kekuatan militer dan pemberontak yang bertempur melawan rezim Muammar Khadafi mulai melakukan jebakan terhadap pemerintah.

Kapal USS Kearsange dan USS Ponce yang mengangkut marinir dan peralatan memasuki Terusan Suez Rabu dinihari, kata seorang pejabat otorita terusan Mesir. Kapal-kapal perang itu diperkirakan akan memasuki Mediteranea Rabu malam. Gugus siap tempur amphibi USS Kearsarge bersama sekitar 800 marinir, satu armada helikopter dan fasilitas medis, bisa menopang upaya-upaya kemanusian dan operasi militer.

“Kami jelas mengangkut aset-aset lebih mendekati (Libia),” kata seorang pejabat pertahanan AS, “Sebuah kapal seperti Kearsargel mampu melakukan banyak berbagai misi.” Badan pengungsi PBB mengatakan situasi di perbatasan Libia-Tunisia mencapai titik krisis ketika para pekerja asing yang putus asa membanjiri seberang perbatasan, takut akan tindakan berdarah pasukan Khadafi.

Lebih 100.000 orang sudah meninggalkan Libia untuk menghindari tindakan tegas kejam oleh pengikut setia Khadafi yang mengakibatkan sedikitnya 1.000 tewas, demikian menurut estimasi konservatif PBB.
Kemarahan atas rezim-rezim Arab otoriter di Timur Tengah dan Afrika Utara berkobar mulai dari Aljazair hingga ke Yaman dan telah meluas ke negara-negara Teluk yang sebelumnya tidak terpengaruh seperti Kuwait dan Oman hingga melemahkan bursa valuta di seluruh dunia.(AFP/hr)

HARIAN ANALISA MEDAN

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK