Pages

Thursday, March 3, 2011

Iran Peringatkan Militerisme Barat



Ketua parlemen Republik Islam Iran Ali Larijani seraya memberi peringatan terhadap terorisme regional dan militerisme Barat, menyatakan bahwa kedua kelompok itu telah menciptakan kekacauan di kawasan. "Amerika Serikat berupaya memastikan dominasi mereka di kawasan, namun kewaspadaan bangsa-bangsa regional telah menggagalkan rencana mereka," ujar Larijani dalam pertemuan dengan Menteri Kehakiman Belarusia Viktor Golovanov di ibukota Iran, Tehran kemarin (Rabu,2/3).
Pernyataan itu dikeluarkan mereaksi sejumlah laporan media baru-baru ini, yang menyatakan bahwa AS dan sekutunya mungkin akan melakukan intervensi militer ke Libya.
Senat AS dengan suara bulat mensahkan resolusi yang menyerukan zona larangan terbang di atas wilayah udara Libya. Komite Angkatan Bersenjata Senat AS juga menyatakan bahwa semua opsi, termasuk intervensi militer harus dibicarakan.
Larijani mengatakan, kawasan ini telah memasuki fase baru setelah revolusi di Timur Tengah dan Afrika Utara. Ditambahkannya, demokrasi akan tegak dan menguntungkan negara-negara merdeka di kawasan ini.
Ketua parlemen Iran ini mendesak negara-negara independen untuk membentuk sebuah tatanan baru di kawasan melalui peningkatan kerjasama di antara mereka. Ditegaskannya, terorisme merupakan salah satu kendala utama di kawasan tersebut dan menekankan pentingnya memperkuat hubungan regional dan internasional untuk menghadapi konsekuensi yang merugikan atas fenomena itu.
Seraya menyerukan perluasan hubungan dan penguatan kerjasama antara Iran dan Belarusia, Larijani menuturkan, kekuatan global tidak senang dengan peningkatan kerjasama dalam berbagai bidang antara kedua negara.
Pada kesempatan itu, Viktor Golovanov juga menyatakan bahwa kebijakan Belarusia didasarkan pada penguatan semua sektor kerjasama dengan Iran. Ditambahkannya, kesepakatan yang ditandatangani antara kedua negara dalam bidang ekstradisi pelaku kriminal dan kerjasama yudikatif akan menjadi langkah besar menuju perluasan hubungan. (IRIB/RM)

IRIB

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK