Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Friday, July 8, 2011

TNI AL, RAN dan US Navy Latihan di Laut Jawa


USS George Washington. (Foto: US Navy)

7 Juli 2011, Laut Jawa (SURYA Online): TNI Angkatan Laut dan Angkatan Laut Amerika Serikat melakukan selintas latihan bersama (passing exercises/passex) di perairan Laut Jawa, Kamis.

Latihan bersama itu melibatkan USN Ship 73 (USS George Washington), USN Ship 54 (Fregatte), USN Ship 63 (Fregatte), HMAS Darwin (04), sedangkan TNI Angkatan Laut mengerahkan KRI Diponegoro-365 dan KRI Slamet Riyadi-352.

Latihan itu disaksikan para pejabat angkatan laut kedua negara dari kapal induk USS George Washington. Hadir meninjau latihan itu Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana Madya TNI Marsetio dan pejabat kapal angkatan laut AS yang mengawaki kapal induk USS George Washington.

Materi latihan dalam Passing Exercise itu meliputi “Flash ex-Flaghoist”, “Manuver Tactical”, dan pertukaran perwira.

Dalam latihan bersama itu dilakukan pula demonstrasi Explosive Ordnance Disposal (EOD) oleh tim USS George Washington.

Kehadiran kapal induk USS George Washington dan jajarannya di Alur Laut Kepulauan Indonesia (ALKI) I dalam rangka “TF 70 Battle Ships” yang melintas dari perairan Indonesia dari arah Laut China Selatan ke arah Laut Natuna, Selat Karimata, Selat Sunda, serta Samudera Hindia menuju Australia untuk melakukan latihan bersama.

Wakasal Kunjungi USS George Washington

Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Marsetio berkesempatan naik kapal Induk AS USS George Washington yang saat ini berada di perairan Laut Jawa, kamis (7/7).

Wakasal beserta stafnya dijemput di Bandara Halim Perdanakusuma dengan menggunakan pesawat C2 US Navy VRC-30DET5 milik Amerika, kemudian take off menuju ke Kapal Induk USS George Washington.

Keberadaan Kapal Induk USS George Washington adalah dalam rangka kegiatan TF 70 Battle Ships yang melintas di ALKI-1 dari arah Laut China Selatan menuju Australia dalam rangka latihan.

Pada kesempatan tersebut, dimanfaatkan kegiatan Passing Exercises dengan unsur-unsur TNI AL yang melibatkan USN Ship 73 (USS George Washington), USN Ship 54 (Fregatte), USN Ship 63 (Fregatte), HMAS Darwin (04) dengan unsur TNI AL KRI Diponegoro-365 dan KRI Slamet Riyadi-352 di Selat Sunda, serta Demonstrasi EOD oleh tim USN di USS GWA. TNI AL mengirimkan 7 orang Perwira dalam Officers Exchange.

Turut hadir mendampingi Wakasal dalam peninjauan tersebut, Wakil Asisten Operasi (Waasops)

Kasal Laksamana Pertama (Laksma) TNI Ari Soedewo, serta Kepala Staf Armada Barat (Kasarmabar) Laksamana Pertama (Laksma) TNI Herry Setianegara.

Sumber: Surya/Jurnas

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK