Pages

Saturday, October 16, 2010

Warga China Balas Protes Jepang

Beijing (ANTARA News) - Ribuan pemrotes China melakukan unjuk rasa di paling tidak tiga kota , Sabtu menyatakan kemarahan mereka terhadap Jepang setelah satu pertikaian menyangkut pulau-pulau yang disengketakan, kata media pemerintah dan para saksi mata.

Para pengunjuk rasa di kota-kota Xian, Chengdu dan Zhanzhou meneriakkan yel-yel yng mendukug kedaulatan China atas pulau-pulau yang disengketakan itu dan menyerukan pemboikotan barang-barang Jepang, kata kantor berita Xinhua.

Sejumlah pemrotes yang mengetahui tentang demonstrasi-demonstrasi yang direncanakan itu melalui internet dan ikut bergabung, katanya, tetapi menambahkan para pemrotes melakukan aksi itu secara damai dan diawasi dengan ketat oleh polisi yang digelar di sepanjang rute perjalanan mereka.

China menghentikan kontak-kontak dengan Tokyo bulan lalu setelah Jepang menahan seorang kapten kapal nelayan China yang menabrak dua kapal Penjaga Pantai Jepang dekat pulau-pulau yang disengketakan.

Kedua pihak mengklaim pulau-pulau di Laut China Timur yang di China dikenal sebagai Diaoyu dan Senkaku di Jepang.

Kedua negara mitra dekat perdagangan sejak itu pertikaian meningkat, tetapi protes-protes itu menunjukkan kemarahan publik terhadap Jepang tetap saja tidak mereda. China yang masih marah terhadap invasi kejam dalam Perang Dunia II yang dilakukan Jepang terhadapd daerah-daerah China.

"Sekitar 10.000 pemuda turun ke jalan-jalan dekat toko kami," kata seorang wanita yang bekerja di sebuah perusahaan di Zhengzhou, ibu kota provisi Henan, China ttengah kepada AFP melalui telepon.

"Mereka meneriakkan yel-yel `pertahankan Pulau-Pulaua Diaoyu` dan "boikot Barang-Barang Jepang," kata wanita itu yang menolak menyebut namanya.

Ia mengatakan ia melihat tidak ada aksi kekerasan.

Xinhua melaporkan paling tidak 2.000 orang melakukan unjuk rasa di Chengdu, ibu kota provisi Sichuan dan wilayah barat laut, membawa spanduk-spanduk dan meneriakkan yel-yel yang sama.

Di Xian, ibu kota provinsi Shaanxi, China barat laut, ribuan mahasiswa melancarkan aksi serupa, katanya.

Satu kelompok pemrotes yang jauh lebih kecil melakukan unjuk rasa di Beijing bulan lalu ketika sengketa pulau-pulau itu meletus, tetapi polisi melakukan pengawasan ketat aksi itu.(*)

ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK