Pages

Saturday, October 16, 2010

Rusia tak Mengerti Ajakan NATO

Rusia menilai tujuan NATO terbaru tidak dapat dipahami dan ambigu. NATO berencana menciptakan sistem pertahanan rudal di Eropa dan mengajak Rusia bergabung dalam program itu. IRNA melaporkan dari Moskow, Wakil Rusia di NATO, Dmitry Rogozin, Sabtu (16/10) mengatakan, NATO belum memaparkan spesifikasi teknis sistem itu, wilayah penembatan perangkat-perangkatnya, tujuan-tujuan program tersebut, dan kondisi ancaman rudal. Ditambahkannya, meski demikian NATO telah mengusulkan pembangunan sistem rudal Eropa dan partisipasi Rusia dalam program itu.
"NATO lebih memilih mengkonfirmasikan bahaya rudal beberapa negara ketimbang merinci masalah tersebut. Padahal kami menilai urgen membahas kondisi keamanan dunia dan membuat daftar negara-negara pemilik senjata pembunuh massal," protesnya.
Sekjen NATO, Anders Fogh Rasmussen sebelumnya mengatakan bahwa ada kesepakatan luas di antara negara-negara anggota tentang perlunya sebuah sistem pertahanan rudal, yang akan dibahas pada pertemuan puncak di Lisbon pada 19-20 November mendatang.
Ia juga meminta partisipasi Rusia dan mitra-mitra lain NATO untuk membangun sistem pertahanan rudal Eropa. Dikatakannya, NATO harus memberikan peluang kerjasama dalam bidang ini kepada Rusia.
(IRIB/RM/PH)

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK