Pages

Wednesday, October 27, 2010

Awasi Perairan Yang Disengketakan, China Perkuat Armada Angkatan Laut Beijing, (Analisa)


China meluncurkan kapal-kapal Angkatan Laut baru untuk memperkuat patroli di perairan yang disengketakan dengan Jepang, demikian menurut media pemerintah China, Rabu (27/10).

Hubungan antara China dan Jepang, dua negara ekonomi Asia terbesar, tegang bulan lalu setelah nakhoda kapal penangkap ikan China ditahan oleh penjaga pantai Jepang setelah kapal mereka bertabrakan dekat pulau-pulau yang disengketakan di Laut China Timur.

“Ini akan menjadi sangat signifikan dan bermanfaat dalam memperkuat kapasitas peralatan patroli maritim China,” kata Li Lixin,direktur regional urusan Laut China Selatan dari Badan Kelautan Negara China mengenai kapal-kapal baru itu, demikian menurut kantor berita Xinhua.

China memiliki sekitar 260 kapal pengintai samudra, termasuk 200 kapal penjaga pantai kecil, kata seorang pejabat di badan pelaksana kelautan nasional kepada Reuters.
Jepang memiliki 421 kapal patroli dan 13 kapal pengintai, kata seorang jurubicara Penjaga Pantai Jepang, dengan menambahkan tidak semua kapal-kapal ini difokuskan pada kawasan-kawasan yang juga diklaim China.

Bersamaan sengketa yang berlangsung lama mengenai pulau-pulau sengketa, Jepang cemas China mulai menahan pengiriman logam-logam langka, vital dalam pembuatan barang-barang elektronik dan suku cadang mobil.

China menyangkal menghentikan pengiriman ke Jepang karena alasan-alasan politik,dan mengatakan pihaknya membatasi produksi menyeluruh dan ekspor logam-logam langka untuk menghindari habisnya cadangannya dan menyebabkan kerusakan pada lingkungan. (Rtr/hr)

HARIAN ANALISA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK