Pages

Tuesday, October 19, 2010

Iran Minta Dukungan Amerika untuk Afghanistan

Roma (ANTARA News) - Iran dapat menstabilkan Afghanistan dengan dukungan Amerika Serikat (AS), kata seorang diplomat penting Iran, Selasa, demikian kantor berita ANSA.

"Iran yakin bahwa pendekatan regional dibutuhkan untuk menstabilkan Afghanistan, tapi  jelas kami perlu dukungan masyarakat internasional, termasuk AS," kata Direktur Asia Kementerian Luar Negeri Iran, Mohammad Ali Qanezadeh,

Qanezadeh,  berpidato pada pertemuan para diplomat senior dari 44 negara, termasuk sembilan anggota Organisasi Konferensi Islam (OKI) Senin di Roma.

Pembicaraan itu membuat sketsa luas tentang penyerahan berangsur-angsur kekuasaan di Afghanistan dari tentara asing ke pasukan keamanan setempat yang akan dimulai pada 2011, di tengah merosotnya dukungan masyarakat di Eropa dan AS pada perang.

"Kami siap untuk setiap aksi atau prakarsa penting guna menstabilkan Afghanistan," kata Qanezadeh, yang menambahkan bahwsa Iran utamanya mengkhawatirkan perdagangan obat bius yang datang melalui berbatasan bersama dengan Afghanistan.

Qanezadeh mengatakan Iran telah menghabiskan ratusan juta dolar di Afghanistan untuk pendidikan anak-anak dan pembangunan kembali.

Utusan senior AS untuk Afghanistan dan Pakistan, Richard Holbrooke, Senin menyatakan bahwa Iran memiliki "peran" untuk dimainkan di Afghanistan, dan menyambut baik partisipasi republik Islam itu dalam pembicaraan internasional mengenai masalah tersebut di Roma.
(S008/B/M016)

Antara

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK