Pages

Thursday, October 28, 2010

Medvedev dan Obama Akan Bertemu di Jepang

Medvedev dan Obama Akan Bertemu di Jepang
Dimitry Medvedev (ANTARA News/ist)
Moskow (ANTARA News) - Presiden Rusia Dmitry Medvedev dan Presiden Amerika Serikat Barack Obama dijadwalkan menggelar pembicaran di sela pertemuan APEC di Jepang bulan depan, kata pihak Kremlin pada Kamis.

"Presiden Rusia dan Amerika akan menjalani pertemuan penuh di sela pertemuan APEC di Yokohama, Jepang pada 13-14 November," sebuah pernyataan menyebutkan tanpa penjelasan lebih lanjut.

Kedua pemimpin tersebut akan bertolak ke Jepang setelah menghadiri pertemuan ekonomi negara G-20 di Korea Selatan pada 11-12 November.

Di dalam pertemuan Kerjasama Ekonomi Asia Pasifik (APEC) ke-21 negara anggota akan membicarakan isu rumit tentang pembukaan pasar mereka untuk negara lainnya.

Namun, APEC telah menghasilkan kemajuan selama bertahun-tahun guna mengupayakan zona perdagangan bebas di wilayah seputaran Pasifik yang dinamis, sebuah inisiatif yang didukung AS sejak lima tahun lalu dengan dimulai dari sekelompok kecil ekonomi mulai mendapatkan momentumnya.

Obama akan bertemu Presiden China Hu Jintao di Korea Selatan pada 11 November sebelum pertemuan negara G-20 di tengah ketegangan ekonomi AS - China dan sengketa wilayah yang meradang antara Beijing dan negara tetangganya.

Penasihat keamanan nasional Gedung Putih Ben Rhodes mengatakan bahwa hubungan Obama dengan Medvedev merupakan salah satu yang paling dekat dan aktif dibandingkan dengan pemimpin asing lainnya.

"Mereka akan mendapat kesempatan untuk merundingkan berbagai isu, termasuk perkembangan yang telah dicapai baru-baru ini terkait dukungan AS terhadap rencana Rusia masuk ke dalam WTO, juga tentang kerja sama yang selama ini dilaksanakan seperti non proliferasi, keamanan nuklir, dan isu keamanan lainnya," kata Rhodes.(*)

ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK