Pages

Sunday, October 31, 2010

Presiden: Rencana Utama Keterhubungan Nasional Selesai Akhir 2010

Presiden: Rencana Utama Keterhubungan Nasional Selesai Akhir 2010
Hanoi (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan bahwa rencana utama keterhubungan nasional Indonesia akan telah siap pada akhir 2010..

"Sebelum tahun baru 2011 akan kita sampaikan master plan ekonomi,master plan yang lebih konkit sehingga kita bisa menjelaskan konektivitas seperti apa, peran daerah seperti apa sehingga keterhubungan domestik dan kawasan menjadi tanggung jawab bersama," kata Presiden dalam konferensi pers di Hotel Grand Plaza Hanoi, Minggu pagi, sebelum kembali ke Jakarta.

Menurut Presiden, Indonesia telah aktif membangun kerjasama dengan kawasan terutama ASEAN dalam hal mewujudkan keterhubungan kawasan sebagaimana cita-cita ASEAN.

`Tapi kedepannya keterhubungan secara fisik tidak cukup, ...kita akan membangun keterhubungan yang juga tidak hanya fisik,"katanya.

Kepala Negara mengatakan ada sedikitnya 15 proyek keterhubungan di kawasan ASEAN, untuk Indonesia antar alain lain meliputi proyek pembangunana jalan kereta api,jalan raya dan energi listrik.

Sementara itu para pemimpin ASEAN mengadopsi rencana utama Keterhubungan ASEAN dalam pertemuan puncak ke-17 ASEAN, Kamis (28/10).

Menurut Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung adopsi rencana utama Keterhubungan ASEAN itu akan menghubungkan kawasan Asia Tenggara dengan lebih baik, dalam hal fisik, intitusional dan hubungan antarindividu."

ASEAN perlu untuk memainkan peran uniknya sebagai faktor penting guna menghubungkan dan mengharmoniskan berbagai kelompok kepentingan, sebagai hub yang menghubungkan berbagai kerja sama dan kerangka kerja," katanya.

Keterhubungan ASEAN di bidang fisik akan meliputi pembangunan infrastruktur di sektor angkutan darat, laut dan udara, energi, pembangunan pipa gas lintas ASEAN dan zona ekonomi khusus.

Sedangkan keterhubungan ASEAN di bidang institusional terkait dengan sejumlah kerja sama ekonomi antar-ASEAN, termasuk kebijakan ASEAN single window dan integrasi kepabeanan.

Kemudian Keterhubungan ASEAN di bidang hubungan antar individu merupakan upaya untuk meningkatkan kerjasama di bidang budaya, pendidikan dan pariwisata.

Konsep Keterhubungan ASEAN pertama kali dibahas dalam pertemuan para pemimpin ASEAN pada 2009. Keterhubungan itu nantinya diharapkan mempersempit kesenjangan, meningkatkan daya saing, mendorong perdagangan intra kawasan, menarik investasi dan pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan rakyat ASEAN.

Sejumlah mitra wicara ASEAN telah menyatakan kesediaannya untuk memberikan komitmen bantuan yang dibutuhkan guna mewujudkan Keterhubungan ASEAN.

Salah satunya adalah Jepang yang berkomitmen menyediakan pendanaan sebesar 200 miliar dolar AS untuk rencana Keterhubungan ASEAN.
(T.G003*F008/P003)
 
Antara

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK