Pages

Thursday, October 7, 2010

Lebanon Sambut Ahmadinejad


Lebanon Sambut Ahmadinejad
Kfar Kila, Lebanon  (ANTARA News) - Masyarakat Lebanon bagian selatan sangat gembira mengenai kabar kedatangan Presiden Iran, Mahmud Ahmadinejad, yang diperkirakan akan mengunjungi perbatasan musuh bebuyutannya, Israel, untuk menunjukkan pembangkangannya.

"Saya tidak sabar menunggu Ahmadinejad mendekat ke kawat berduri dan menunjukkan Israel bahwa mereka itu musuh yang kecil," ujar seorang warga, Abdullah (nama samaran), yang tinggal di perbatasan desa Kfar Kila dan tidak ingin disebutkan namanya, sebagaimana dikutip dari AFP.

"Bisa anda bayangkan? Dia berdiri beberapa meter dari Israel dan hal itu amat simbolis," ujar Abdullah yang memiliki restoran di Gerbang Fatima yang berada di dekat perbatasan kedua negara.

Pemimpin Iran akan mengunjungi Lebanon pada 13-14 Oktober atas undangan Presiden Lebanon, Michel Suleiman, yang merupakan kunjungan pertamanya ke negara kecil di Mediterania itu.

Kunjungan pertama pejabat itu diharapkan berlangsung dengan lancar. Bagian yang tidak resmi pada hari berikutnya adalah ketika Ahmadinejad melakukan persiapan perjalanan ke kawasan selatan dimana kelompok pejuang Shiah, Hezbollah, yang dianggap berpihak kepada Iran.

Para anggota parlemen Lebanon yang memihak Barat menilai hal tersebut sebagai sebuah provokasi karena hal itu dilaksanakan saat ketegangan yang memuncak akibat isu mengenai suatu pengadilan yang didukung Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk menghukum anggota Hezbollah atas dugaan pembunuhan ayah seorang perdana menteri pada 2005.

Pemerintah AS yang terlibat sengketa dengan Iran mengenai rencana pengadaan energi nuklir yang kontroversial, pada pekan ini juga menyatakan keprihatinannya atas kunjungan tersebut, dan Israel menyebutnya sebagai "Bos pemilik lahan yang mengunjungi hartanya."

Hezbollah tidak merincikan rencana kedatangan tersebut, namun persiapan penyambutan pahlawan itu dilaksanakan dengan meriah di kawasan yang dikendalikan oleh kelompok pejuang tersebut.

Sejumlah poster raksasa yang bergambar Ahmadinejad dengan pesan selamat datang dalam bahasa Arab dan Persia telah dipasang di jembatan sepanjang jalan raya yang mengarah ke Bandara Internasional Beirut. Sejumlah foto dirinya juga terlihat di markas Hezbollah di selatan Beirut.

Ahmadinejad diperkirakan akan mengunjungi desa Qana yang pernah diserang Israel dengan kejam pada 1996 dan 2006, serta sebuah benteng dan desa perbatasan Hezbollah, Bint Jbeil, yang dihancurkan saat perang antara Hezbollah dan Israel pada 2006.

Ia juga hadir untuk meresmikan sebuah taman hiburan bernama "Taman Iran" di dekat desa Marun Al Ras yang didanai oleh Iran serta termasuk replika kecil Masjid Al Aqsa di Yerusalem.
(ANT/A024)

ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK