Pages

Tuesday, November 9, 2010

Yudhoyono Terima Presiden Fischer

Yudhoyono Terima Presiden Fischer
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (kanan) berbincang dengan Presiden Austria Heinz Fischer saat berjalan menuju lokasi upacara penyambutan kenegaraan di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa (9/11). (ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Merdeka, Jakarta, Selasa akan menerima Presiden Austria Heinz Fischer yang melakukan kunjungan kenegaraan, sebelum memimpin delegasi masing-masing melakukan pertemuan dwipihak.

Menurut keterangan Juru Bicara Kepresidenan bidang Hubungan Internasional Teuku Faizasyah, Presiden Fischer melakukan kunjungan kenegaraan pada 9-11 November 2010.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk memperkuat hubungan dwipihak Indonesia-Austria di berbagai bidang.

"Dalam pertemuan bilateral ini, kedua delegasi akan membahas perluasan dan penguatan kerja sama politik, ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi, serta peningkatan kerja sama pembangunan. Selain itu, pertemuan juga akan membahas kerja sama sosial budaya, khususnya di bidang pendidikan dan dialog antarkepercayan," kata Faiza.

Kedua pihak akan menandatangani nota kesepahaman mengenai kelanjutan dan perluasan kerja sama di bidang dialog antar agama dan keyakinan yang diharapkan dapat meningkatkan saling pengertian dan tradisi masing-masing.

Pada 11 November Presiden Fischer akan melakukan peletakan karangan bunga di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Selama di Indonesia, ia juga dijadwalkan melakukan kunjungan ke katedral, Masjid Istiqlal serta kunjungan kehormatan kepada Ketua DPR Marzuki Alie .

Dalam kunjungannya tersebut, kata Faiza, Fischer akan didampingi 53 pelaku bisnis Austria. Hal ini mencerminkan daya tarik Indonesia bagi kerja sama investasi dan perdagangan dengan Austria. Faiza mengatakan, hubungan Indonesia-Austria telah terjalin baik sejak 1954.

"Hubungan baik ini didasarkan pada prinsip saling menghormati dan menghargai. Kerja sama di antara kedua negara di bidang politik, ekonomi, dan sosial budaya cenderung berkembang," kata Faiza.

Di bidang ekonomi, total perdagangan RI-Austria pada tahun 2008 mencapai 393,4 juta dolar AS. Namun, pada tahun 2009 seiring krisis keuangan global, volume perdagangan menurun menjadi 300,4 juta dollar AS.

Investasi Austria menempati urutan ke-35 di Indonesia. Dalam kurun waktu tahun 1990-2009, total investasi kumulatif Austria mencapai 20,60 juta dolar AS.

Seusai menerima kunjungan kenegaraan Presiden Fischer, Presiden Yudhoyono Selasa petang kemudian dijadwalkan meneriman Presiden AS Barack Obama yang juga melakukan kunjungan kenegaraan.
(ANT/A024)
Antara

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK