Pages

Friday, November 26, 2010

AS Sebut Latihan Perang Bersama Korsel Tak Ditujukan ke China

Sabtu, 27/11/2010 05:20 WIB

Laurencius Simanjuntak - detikNews




Washington - Amerika Serikat berusaha untuk meyakinkan China bahwa latihan bersama militer AS-Korea Selatan tidak ditujukan ke China. Pentagon juga menegaskan permainan perang ini tidak diarahkan ke negara sekutu Korea Utara itu.

"Pemerintah Cina diberitahu tentang niat kami untuk melakukan latihan angkatan laut ini di bagian barat wilayah di Semenanjung Korea," kata jurubicara Pentagon, Darryn James seperti dilansir AFP, Sabtu (27/11/2010).

Latihan empat hari mulai hari Minggu mendatang digelar setelah pemboman artileri Korea Utara ke sebuah pulau Korea Selatan. Latihan juga akan mengikutkan kapal induk AS dalam upaya untuk menghalangi Korea Utara.

"Adalah penting untuk menunjukkan bahwa latihan ini tidak ditujukan kepada China. Seperti latihan sebelumnya di seri ini, operasi ini bertahan di alam dan dirancang untuk memperkuat pencegahan terhadap Korea Utara," imbuhnya.

Seorang jurubicara Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Beijing telah prihatin atas aksi tersebut. Dia mengatakan China menentang "setiap tindakan yang merusak perdamaian dan stabilitas di semenanjung (Korea)."

Ketegangan di wilayah ini telah meningkat setelah Korea Utara mengebom sebuah pulau di Korea Selatan Selasa lalu. Serangan itu menewaskan sedikitnya empat orang, dan mendorong aksi pembalasan dari Selatan. (lrn/lrn)

detik

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK