Pages

Tuesday, November 23, 2010

Sekjen PBB Serukan Dua Korea Kendalikan Diri

Sekjen PBB Serukan Dua Korea Kendalikan Diri
PBB (ANTARA News/AFP) - Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Ban Ki-moon pada Selasa menyerukan pengendalian diri kedua Korea setelah mengecam serangan artileri oleh Korea Utara ke arah Korea Selatan, kata juru bicaranya.

Belum ada negara memohon sidang Dewan Keamanan PBB untuk membicarakan penyerangan itu, kata diplomat.

"Sekjen mengecam serangan itu dan menyerukan pengendalian diri secepatnya," kata juru bicara Ketua PBB dalam pernyataannya, dengan menambahkan bahwa Ban "sangat prihatin oleh ketegangan di semenanjung Korea akibat serangan artileri" Korut pada Selasa.

"Ban mendesak segala perbedaan pandangan harus dituntaskan melalui jalan damai dan perundingan," tambah pernyataan itu.

Sekjen PBB menyatakan keprihatinan mendalamnya kepada kepresidenan Inggris dalam Dewan Keamanan, namun Duta Besar Inggris Mark Lyall Grant mengatakan bahwa belum ada negara memohon sidang dewan tersebut untuk membicarakan serangan itu.

Diplomat mengatakan bahwa diperkirakan tidak ada permohonan pada Rabu, karena negara dunia harus lebih dulu memutuskan langkah nyata, yang akan dewan itu lakukan sebagai tanggapannya.

Dewan Keamanan membutuhkan beberapa hari untuk menindak-lanjuti penenggelaman kapal perang Korsel pada Maret, yang diduga dilakukan Korut.

Utusan Korut untuk PBB menolak membicarakan kejadian terbaru itu ketika dihubungi AFP. (BPY/K004)
 
ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK