Pages

Saturday, November 20, 2010

NATO: Target Penarikan Pasukan dari Afghan Realistis

Baskoro Pramadani - Okezone
LISBON - Sekretaris Jenderal Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) Anders Fogh Rasmussen mengatakan bahwa target presiden AS Barack Obama untuk memindahkan tanggung jawab keamanan di Afghanistan dari pasukan bantuan NATO kepada pihak lokal pada 2014 merupakan hal yang realistis.

Pasukan Bantuan Keamanan Internasional NATO atau yang lebih dikenal dengan ISAF saat ini masih menempatkan sekira 130.000 tentara di Afghanistan, sebagian besar dari mereka adalah pasukan AS. Namun, Obama mengatakan misi yang diemban ISAF saat ini sudah memasuki tahap baru.

Hal tersebut diungkapkan dalam pertemuan yang dihadiri oleh para pemimpin NATO di Lisbon seperti disitat dari BBC, Sabtu (20/11/2010).


Presiden Afhanistan Hamid Karzai juga akan hadir dalam pertemuan tersebut terkait dengan rencana penarikan pasukan dari negaranya. Juru bicara Karzai mengatakan bahwa dia dan NATO sebenarnya memiliki "kepentingan yang sama," namun masih ada beberapa isu yang harus diselesaikan sebelum rencana penarikan pasukan tersebut terlaksana.

Walaupun merencanakan penarikan pasukan pada 2014, namun ISAF diproyeksikan untuk tetap memiliki peran di Afghanistan setelahnya, namun akan lebih difokuskan untuk melatih pasukan Afghanistan.(mbs)

OKE ZONE

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK