Pages

Tuesday, November 23, 2010

Amerika, China Desak Dua Korea Menahan Diri

Amerika, China Desak Dua Korea Menahan Diri
Ilustrasi ( ANTARA/REUTERS-Jo Yong-Hak)
Beijing (ANTARA News) - Amerika Serikat dan China menyetujui pengendalian diri harus dilaksanakan di semenanjung Korea, kata utusan khusus Amerika Serikat bagi Korea Utara, Stephen Bosworth, seusai perundingan dengan pejabat China pada Selasa.

Komentar Bosworth itu muncul setelah Korut menembakan sejumlah mortir artileri ke pulau Korea Selatan dalam salah satu prristiwa paling menegangkan di perbatasan sejak perang 1950-1953.

"Kejadian itu tentu muncul dalam pembicaraan saya dengan pejabat China dan kami akan bertukar pendapat bahwa pertikaian itu sangat tidak diinginkan dan menunjukkan dengan jelas bahwa pengendalian diri harus dilakukan," kata Bosworth kepada pewarta, dengan menambahkan bahwa China dan Amerika Serikat menyetujui hal tersebut.

Bosworth di kawasan itu mengunjungi mitra Amerika Serikat dalam upaya enam negara membebasnuklirkan Korea Utara. Pembicaraan itu juga menyertakan China sebagai tuan rumah, kedua Korea, Rusia serta Jepang.

Kedatangannya di Beijing pada Selasa terkait pernyataan Korut bahwa mereka sedang melaksanakan pengayaan uranium, yang memicu peringatan bahaya.

Bosworth mengatakan bahwa dalam perundingannya dengan pejabat China mengenai pernyataan nuklir itu, mereka menyetujui "pendekatan banyak pihak merupakan cara tunggal untuk mewujudkan penyelesaian masalah tersebut", yang mengacu pada perundingan enam negara tersebut.

Bosworth menyatakan perundingannya dengan pejabat China "sangat berguna".

Ia akan bertemu dengan pejabat China, termasuk Wakil Menteri Luar Negeri Cui Tiankai dan utusan khusus Cina untuk masalah Korea Utara, Wu Dawei.

Menurut Kedutaan Besar Amerika Serikat, Bosworth dijadwalkan meninggalkan Beijing pada Rabu.(*)

ANTARA

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK