Pages

Tuesday, November 9, 2010

RI Berikan Bintang Jasa Utama pada Ibunda Obama Nograhany Widhi K - detikNews




Jakarta - Ibu Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama, Stanley Ann Dunham menerima
penghargaan Bintang Jasa Utama dari Pemerintah Indonesia. Penghargaan ini diberikan melalui Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

"Seorang perempuan Amerika beberapa puluh tahun yang lalu melakukan riset di bidang mikro kredit dan pemberdayaan perempuan. Dia melakukan riset dengan penuh dedikasi dan pengorbanan," ujar Presiden SBY saat memberikan sambutan dalam jamuan makan kenegaraan di Istana Negara, Jl Veteran, Jakarta Pusat, Selasa (9/11/2010).

Hasilnya, imbuh SBY, dituangkan dalam karya ilmiah dunia. Hasil penelitian
perempuan Amerika itu memiliki visi dan cemerlang, banyak membantu komunitas di Indonesia.

"Perempuan itu kini telah tiada. Namun semua kecintaan hasil karyanya terus hidup di masa kini. Nama perempuan itu adalah Stanley Ann Dunham. Ia juga memiliki seorang putra yang sangat cemerlang, yang dulu suka bakso, nasi goreng dan layangan dan kini menjadi Presiden Amerika Serikat dan kini berada di tengah-tengah kita," lanjut SBY yang disambut tepuk tangan dan senyum Obama dan istrinya, Michelle.

"Saya ucapkan terima kasih dan kecintaannya yang tulus pada Indonesia. Dan
melimpahkan Bintang Jasa Utama kepada Stanley Ann Dunham dan saya sebagai Presiden RI memberikan penghargaan bintang jasa ini pada sahabat saya Bapak
Barack Obama," imbuh SBY yang disambut tepuk tangan riuh.

Setelah itu SBY memberikan piagam penghargaan dan medali Bintang Jasa Utama
kepada Obama yang menerima dengan sumringah. Kemudian SBY pun mengajak para hadirin bersulang sambil mengangkat gelas. Semua pun terlihat berdiri. Lagu
kebangsaan AS, The Star Spangled Banner dimainkan. Obama dan Michelle terlihat melakukan hormat dengan menyilangkan tangan kanan ke dada mereka.

Ann Dunham merupakan alumni Universitas Hawaii dan East West Center. Dia
menamatkan gelar sarjana, master dan PhD di bidang antropologi. Dia tertarik dengan pengrajin kecil dan barang-barang kerajinan serta peran perempuan dalam industri kecil di desa-desa. Ann Dunham melakukan penelitian tentang pemberdayaan perempuan di Pulau Jawa.

Dia juga membuat program mikrokredit saat bekerja sebagai konsultan di US Agency for International Development. Di Jakarta, Dunham sempat bekerja di Ford Foundation dan dengan BRI di mana dia mengaplikasikan hasil penelitiannya pada pembiayaan mikro.
(nwk/mad)

detik 

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK