Pages

Tuesday, November 9, 2010

Obama Tak Mengira Bisa Dijamu di Istana Negara

Jakarta (ANTARA News)  - Sebagai anak laki-laki yang pernah tinggal empat tahun di kawasan Menteng Dalam, Jakarta Pusat, Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama tidak pernah mengira bisa masuk dan dijamu di Istana Negara.

Dalam sambutan usai jamuan makan malam kenegaraan di Istana Negara, Jakarta, Selasa malam, Obama mengatakan ia tidak pernah berpikiran akan dijamu oleh seorang Presiden Indonesia di tempat yang bersejarah itu.

"Sebagai anak laki-laki yang tinggal di Menteng Dalam, waktu itu saya tidak pernah berpikiran akan dijamu di tempat terhormat ini. Saya tidak pernah menyangka bisa memasuki tempat ini sebagai Presiden Amerika Serikat," tutur Obama.

Pada jamuan makan malam kenegaraan yang dihadiri oleh seluruh jajaran menteri Kabinet Indonesia Bersatu serta pimpinan lembaga negara termasuk Ketua MPR Taufik Kiemas yang hadir bersama isterinya mantan Presiden Megawati Soekarnoputri, dihidangkan makanan tradisional Indonesia untuk Obama.

Obama dijamu dengan menu bebek asap dengan asparagus, mie bakso, nasi goreng berlauk ayam goreng kremes, telor ceplok, sate daging bumbu kacang, udang galah goreng tepung, dan acar. Sajian makan malam kemudian ditutup dengan hidangan pisang bakar dan es kopyor.

Dalam sambutan penutup, Obama memuji kelezatan hidangan makan malam dan berterimakasih untuk sajian mie bakso, nasi goreng, emping, dan kerupuk.

"Semuanya enak," ujar Obama dalam Bahasa Indonesia.

Dalam sambutannya ketika jamuan makan malam dan juga pada konferensi pers usai pertemuan bilateral, Obama menyampaikan kenangan masa kecilnya selama empat tahun tinggal di Jakarta.

Ia masih mengingat satu-satunya gedung bertingkat di Jalan MH Thamrin saat itu adalah Sarinah dan orang-orang melintas dengan becak, sepeda, atau bemo.

Namun, Obama menegaskan bahwa kehadirannya saat ini di Indonesia sebagai Presiden AS adalah untuk melihat ke depan, bukan memandang ke belakang.
(D013*F008/D012)
Antara

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK