Pages

Thursday, November 11, 2010

LANUD SUPADIO GELAR LATIHAN PAGAR BETIS 2010


Pentak Lanud Spo - 11/11/2010

Anggota Lanud Supadio sedang mengejar perusuh yang berusaha memasuki Pangkalan TNI AU Supadio pada latihan ”Pagar Betis 2010”.
Lanud Supadio merupakan salah satu Pangkalan Induk yang berfungsi sebagai pendukung pelaksanaan operasi udara serta memberikan dukungan administrasi dan logistik. Agar operasi-operasi udara dan kegiatan-kegiatan lain dapat dilaksanakan dengan baik dan lancar, maka diperlukan adanya suatu kondisi keamanan yang mantap, terhindar dari segala macam dan bentuk ancaman, gangguan dan tantangan serta hambatan baik fisik maupun non fisik.

Berkaitan dengan hal tersebut, untuk meningkatkan kemampuan personelnya maka Lanud Supadio menggelar latihan Keamanan Pertahanan Pangkalan dengan sandi “Latihan Pagar Betis 2010”. Latihan ini dilaksanakan sehari, Kamis (11/11) dengan mengambil wilayah latihan di sekitar Pangkalan TNI AU Supadio.

Komandan Lanud Supadio Kolonel Pnb Imran Baidirus, S.E. sebagai Penanggungjawab Latihan menjelaskan “Latihan Pagar Betis 2010” bertujuan untuk memantapkan personel Pangkalan TNI AU Supadio dalam memelihara dan meningkatkan keterampilan dalam mendukung pengamanan wilayah Pangkalan TNI AU Supadio terutama dalam pengamanan obyek vital pesawat Hawk 100/200, apabila ada tindakan anarkis massa yang mengancam,’ ujar Danlanud.

Oleh karena itu, lanjut Danlanud, “Latihan Pagar Betis 2010” merupakan suatu proses kegiatan yang bertahap dan berkelanjutan serta lebih meningkat mutunya. Oleh sebab itu mekanisme latihan diusahakan mendekati keadaan yang sebenarnya. “Setelah latihan ini berakhir tentunya kita harus melakukan evaluasi, sudah sejauhmana pelaksanaannya, apa sudah sesuai dengan petunjuk skenario latihan dan sejauhmana memenuhi tujuan dan sasaran yang harus dicapai,” tegas Danlanud.

Selain itu latihan ini juga bertujuan untuk melatih kerjasama/koordinasi dengan satuan/instansi samping khususnya PAP II Cabang Bandara Supadio, Koramil, Polsek Sungai Raya dan satuan TNI terdekat.

Latihan ini melibatkan personel sebanyak 204 orang terdiri Komando Latihan 13 orang dan pelaku 191 orang. Dalam latihan itu, terdapat beberapa macam kegiatan dari manuver lapangan dan sifat satu pihak dikendalikan. Peserta yang terlibat terdiri dari personel Lanud Supadio dan Batalyon 465 Paskhas.

TNI AU

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK