Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Wednesday, January 18, 2012

PRO DAN KONTRA PEMBELIAN MBT LEOPARD 2A6 AKAN HILANG APA BILA KITA PAKAI HATI DAN NURANI KITA


MBT LEOPARD 2A6
Kalau kita lihat di media online banyak bermunculan komentar pro dan kontra pembelian Tank leopard 2A6, sebenarnya para pengamat dan DPR yang kontra pembelian MBT Leopard 2A6 kembali melihat apa arti dari tank? kalau kita simak pengertian tank menurut sumber dari WIKIPEDIA : Tank adalah kendaraan tempur lapis baja yang bergerak menggunakan roda berbentuk rantai. Ciri utama tank adalah pelindungnya yang biasanya adalah lapisan baja yang berat, senjatanya yang merupakan meriam besar, serta mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lancar di segala medan. Meskipun tank adalah kendaraan yang mahal dan membutuhkan persediaan logistik yang banyak, tank adalah senjata darat paling tangguh dan serba-bisa pada medan perang modern, dikarenakan kemampuannya untuk menghancurkan target darat apapun, dan efek mentalnya terhadap infanteri

Nah dari pengertian diatas tidak disebutkan bahwa tank itu harus ada syarat dengan ketentuan wilayah geografis suatu negara semisal indonesia tidak cocok karena keadaan geografisnya ada pegunungan ,rawa , danau. Tank  mempunyai mobilitas yang tinggi untuk bergerak dengan lancar di segala medan.

Kemudian Apa sih Main battle Tank  ?

Tank tempur utama (Main battle tank, MBT) adalah kendaraan tempur yang memiliki perlindungan paling kuat di medan perang. Perlindungannya dirancang untuk melindungi tank dan pengendaranya dari semua bahaya, termasuk penetrator energi kinetik yang ditembakkan tank lain, peluru kendali anti-tank (ATGM) yang ditembakkan infanteri atau pesawat udara, dan ranjau. Tetapi jumlah perlindungan yang dibutuhkan untuk melindungi tank dari segala arah akan sangat berat dan tidak memungkinkan; oleh karena itu dalam perancangan sebuat tank harus ditemukan keseimbangan yang tepat antara perlindungan dengan berat

Artinya dari pengertian tersebut diatas tidak ada dijelaskan tank harus dijalan kan di suatu tempat, analisa para pengamat dan anggota dewan yang kontra pembelian MBT leopard A26 tidak berdasar dan mengada ada. Justru Main Battle tank Leopard adalah Tank Tempur Utama yang modern , tank tersebut bisa bermanuver disegala medan dialah pemimimpinya, suspennsinya bagus sehingga pada saat keakurasian penembakan pada saat kecepatan tinggi itu akurat, dan tank Leopard Jerman ini memiliki mesin pembakaran dalam multi-bahan bakar, yang dapat menerima diesel, bensin, dan bahan bakar lainnya. kemudian dari segala kemampuan tank buatan jerman ini (Leopard 2A6) mengungguli dari rivalnya MBT Abram dari AS dan MBT Chalenger.

Pergerakan Main Batle Tank
Sebuah tank tempur utama dirancang untuk memiliki mobilitas tinggi dan dapat melewati segala macam medan. Tank menggunakan dua atau empat tapak rantai untuk bergerak. Rantai ini digerakkan oleh sebuah roda besar di tiap tapaknya yang menyalurkan tenaga dari mesin. Roda rantainya yang lebar menyebarkan tekanan yang dihasilkan oleh beratnya tank, membuat tekanan yang dihasilkan dapat setara dengan kaki manusia.[6] Jenis medan yang sangat menyulitkan tank adalah tanah yang sangat lembut seperti rawa, dan medan berbatu yang memiliki batu-batu besar. Pada medan "biasa", tank diharapkan bisa berjalan dengan kecepatan 30–50 km/jam, dan kecepatan di jalanan bisa mencapai 70 km/jam.( sumber wikipedia).

Jadi kalau kita baca dan kupas pemaparan diatas jelas jelas diatas kertas MBT sudah mengungguli dan dapat melalui segala medan.

Saya berharap kepada Anggota DPR komisi I (Bapak TB Hasanuddin dan rekan rekannya yang Kontra pembelian MBT leopard 2A6) dapat mempertimbangkanya.

Ya memang dunia politik itu tidak bisa ditebak dan sangat rumit tapi dengan  hati nurani dan rasa saling memiliki dan menjauhkan dari segala kepentingan golongan tentunya semua pro dan kontra tersebut tidak akan terjadi, semoga  Pembelian Leopard 2A6 terealisasi  dan DPR RI kususnya Komisi I menyetujuinya sehingga kami rakyat indonesia akan meraasa terwakili dan bangga terhadap Bapak-bapak dan ibu-Ibu dewan disana.

BY INDONESIA DEFENCE 2012 

1 komentar:

Anonymous said...

kenapa kok gak T90...hatganya lebih murah....dan teknologinya luar biasa,,,

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK