Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Sunday, October 2, 2011

Jawa Timur Siapkan 1.000 Hektare untuk Industri Alat Tempur



REUTERS/USAF



TEMPO InteraktifSurabaya - Pemerintah akan membangun industri peralatan perang di Jawa Timur. Menurut Gubernur Jawa Timur Soekarwo, timnya sedang menyiapkan lahan pabrik seluas 1.000 hektare. Lahan itu kemungkinan berada kawasan pantai utara Jawa Timur, yaitu Gresik, Lamongan, dan Tuban.

"Senin dua pekan lalu saya dipanggil Presiden diminta mencarikan tanah seribu hektare," kata Soekarwo setelah salat Jumat di kompleks Kantor Gubernur Jalan Pahlawan Surabaya, 30 September 2011.

Presiden, kata Soekarwo, memberikan syarat tambahan, lahan1.000 hektare ini haruslah berada di pinggir pantai dan memiliki kandungan batu dolomit yang besar. Di Jawa Timur potensi dolomit besar berada di sekitar Kabupaten Gresik.

Lahan itu akan dibangun perusahaan raksasa berupa peralatan militer dengan teknologi tinggi. "Pokoknya ini untuk perusahaan teknologi tinggi, salah satunya produksi pesawat," ujar Gubernur.

Soekarwo mengaku telah memberikan penawaran kepada Presiden tiga lokasi yang bisa digunakan, yaitu di Gresik, Lamongan, dan Tuban. Soekarwo sudah merundingkan hal tersebut dengan bupati setempat.

Sekitar areal pabrik peralatan pertahanan juga akan ditempati tiga perusahaan pendukung pabrik peralatan seperti gas. Tiga perusahaan pendukung ini butuh lahan seluas 300 hektare. Masing-masing 100 hektare. Jadi total kebutuhan lahan mencapai 1.300 hektare.

Saat ini industri strategis yang ada di daerah itu baru sebatas PT PAL. Perusahaan ini membuat kapal militer dan kapal sipil

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK