Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Sunday, October 23, 2011

Pemerintah AS dukung perkembangan ASEAN

Nusa Dua (ANTARA News) - Pemerintah Amerika Serikat menyatakan mendukung perkembangan ASEAN yang berkesinambungan.

Menteri Pertahanan Amerika Serikat Leon Edward Panetta dalam agenda diskusi "roundtable" dengan sejumlah media internasional, di Hotel Melia, Nusa Dua, Bali, Minggu, menyatakan, ASEAN merupakan organisasi regional yang penting dan perlu mendapatkan dukungan.

Panetta mengatakan, Amerika Serikat sebagai negara pasifik juga akan terus memperkuat keberadaannya di berbagai bagian dunia.

"Dan saya sebagai Menteri Pertahanan yang berasal dari pantai pasifik Amerika Serikat yang lahir dan dibesarkan di Kalifornia dan yang menghargai samudera pasifik itu, membuatnya sangat jelas bahwa kami akan tetap sebagai kekuatan untuk perdamaian dan kesejahteraan di wilayah ini," ujarnya.
Menteri Pertahanan, Purnomo Yusgiantoro (3 kiri) menyambut kedatangan Sekretaris Pertahanan Amerika Serikat, Leon E Panetta (3 kanan) saat pertemuan bilateral yaitu rangkaian Pertemuan Menteri Pertahanan ASEAN (ADMM) di Nusa Dua, Bali, Minggu (23/10). Pertemuan tiga hari itu diawali dengan pertemuan tingkat pejabat tinggi (SOM) dan menteri dari 10 negara ASEAN untuk membahas kerjasama negara anggota serta tantangan ke depan. (Foto: ANTARA/Nyoman Budhiana/ed/nz/11)
Sebagai kemampuan menjaga perdamaian, pemerintah Amerika Serikat juga menegaskan bahwa kerja sama merupakan kompleksitas esensial yang diberikan dari lingkungan keamanan di Asia Pasifik.

Panetta juga menyatakan kekekagumannya terhadap negara Indonesia yang semakin maju di berbagai bidang meski memiliki beragam masyarakat.

"Kami ingin mengatakan kekaguman kami pada kepemimpinan Indonesia yang kian berkembang, sebagai dua masyarakat yang beragam dan dinamis, seperti kebebasan beragama, toleransi, dan sebagainya," ujarnya.

Tahun ini, kata Panetta, Amerika Serikat sudah melakukan lebih dari 150 kegiatan pertukaran dan lainnya dengan militer Indonesia, sehingga kedepan akan terus melanjutkan ikatan kerja sama tersebut di masa datang.

"Tiga kunci kerja sama tersebut seperti bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, keamanan maritim dan upaya untuk menjamin akses bebas ke laut dan melindungi hak navigasi kami secara bebas," ujar Menteri Panetta.

Amerika Serikat, kata dia juga secara tegas berkomitmen untuk membantu lembaga-lembaga reformasi militer Indonesia dan meningkatkan profesionalisme TNI.



ANTARA

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK