Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Tuesday, October 11, 2011

Kemhan Selenggarakan Forkom Litbanghan 2011 di Malang



Malang, DMC – Kementerian Pertahanan (Kemhan) melalui Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) menyelenggarakan Forum Komunikasi Penelitian dan Pengembangan di Bidang Pertahanan (Forkom Litbanghan) untuk tahun 2011.
Kegitan Forkom Litbanghan yang digelar di Universitas Brawijaya Malang pada tanggal 11 Oktober 2011 mengusung tema, “Peran Serta Masyarakat dan Perguruan Tinggi Dalam Rangka Meningkatkan Pertahanan Negara (dalam perspektif Humanisme) “
Forkom Litbanghan dibuka oleh Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro yang diwakili oleh Direktur Pendidikan Kesadaran Bela Negara (PKBN) Ditjen Pothan Kemhan Laksma TNI Ir. Ken Chidian, dan diikuti oleh KomunitaW Litbanghan dari Lembaga Pemerintahan Kementerian dan Non Kementerian, kalangan akadimisi, Komunitas Perencanaan dan Personel Kemhan dan TNI serta Tokoh Masyarakat dan agama.
Disamping itu pula, Forkom Litbanghan kali ini akan mengundang pembicara dari beberapa kalangan pemerintah, akademisi dan tokoh masyarakat. Diantaranya, Dirjen Dikti Kemdiknas, Dirjen Pothan Kemhan dan akademisi Universitas Brawijaya Malang.
Adapun tujuan kegiatan forkom ini untuk menyatukan visi dan persepsi dalam penyelenggaraan penelitian dan pengembangan di bidang pertahanan. Selain itu diharapkan dapat tercapainya satu persamaan tindak dalam pengimplementasian program Litbang dalam rangka meningkatkan hasil Litbang melalui kerjasama tiga pilar pelaku IPTEK (Industri, Lembaga Litbang dan Perguruan Tinggi).
Sedangkan berbicara mengenai sasaran yang ditentukan, melalui Forkom Litbanghan dapat terwujud rekomendasi untuk pimpinan Kemhan sebagai bahan perumusan kebijaksanaan bidang litbang.
Menhan dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Dir PKBN Ditjen Pothan Kemhan  mengatakan, agar eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) semakin kokoh diperlukan adanya suatu penguatan karakter bangsa yang bersumber dari empat pilar kebangsaan, seperti Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika. “ Diperlukan pemahaman dan pembudayaan kembali empat pilar kebangsaan kepada segenap elemen bangsa bagi pada aparat pemerintah, partai politik, tokoh agama dan masyarakat, maupun para pelajar.
Dengan demikian, lanjut Menhan, bangsa Indoensia akan mengenal, memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai yang terkandung didalam empat pilar kebangsaan tersebut dan kehidupan sehari-hari. Karena nilai-nilai tersebut juga menjadi landasan idiil kehidupan.
Lebih lanjut Menhan menjelaskan momen Forkom Litbanghan kali ini menitik beratkan kepada peningkatan pemanfaatan hasil Litbang Humanisme / sosial kemasyarakatan atau Litbang Non Materil dalam rangka memecahkan permasalahan-permasalahan sosial kemasyarakatan.

DMC

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK