Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Tuesday, October 11, 2011

Komandan Kodiklat TNI Buka Latihan Mako Operasi Amfibi Koarmabar

    

 



JAKARTA (Pos Kota) – Latihan Markas Komando (Mako) Operasi Amfibi Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) tahun 2011 dibuka oleh Komandan Komando Pendidikan dan Latihan (Dankodiklat) TNI Mayor Jenderal TNI M. Sochib, SE., M.B.A., di Aula Yos Soedarso Mako Koarmabar Jalan Gunung Sahari Raya No 67 Jakarta Pusat, Selasa (11/10).

Dalam kegiatan Latihan Mako Operasi Amfibi tersebut Panglima Komando Armada RI Kawasan barat (Pangarmabar) Laksamana Muda TNI Didit Herdiawan, M.P.A., M.B.A., bertindak selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi (Pangkogasgabfib) pada Latihan Mako Operasi Amfibi Koarmabar tahun 2011.
Dalam amanatnya Dankodiklat TNI mengatakan Latihan Mako Operasi Amfibi Koarmabar tahun 2011 ini merupakan Latihan Mako Kotama Operasi TNI yang bersifat gabungan dan merupakan siklus latihan TNI dalam rangka penggunaan kekuatan serta untuk melatih Panglima dan staf dalam proses pengambilan keputusan Militer dalam mewujudkan suatu rencana operasi berdasarkan rencana tindakan kontinjensi Markas Besar (Mabes) TNI terhadap kemungkinan ancaman yang mungkin terjadi diwilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Selanjutnya Dankodiklat TNI mengatakan bahwa sasaran dari Latihan Mako Operasi Amfibi Koarmabar tahun 2011 adalah tersusunnya dokumen yang bersifat strategis pada tataran operasional yang merupakan bagian dari rencana strategi TNI dan rencana Yudha TNI serta terciptanya profesionalitas prajurit TNI dan terujinya doktrin yang sudah ada.
Lebih lanjut Dankodiklat TNI mengatakan berdasarkan Undang-Undang RI nomor 34 tahun 2004 diamanatkan bahwa TNI sebagai alat pertahanan negara yang mempunyai tugas pokok mempertahankan kedaulatan negara dan menjaga keutuhan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia yang salah satunya melaksanakan penangkalan, pencegahan dan penindakan terhadap hal-hal yang membahayakan kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara.
Dalam melaksanakan tugas pokok TNI pada masa damai yaitu dengan menyelenggarakan latihan yang dilaksanakan oleh unsur Kotama Operasi antara lain Koarmabar yang bertanggungjawab atas pelaksanaan operasi tempur dalam upaya menguji kemampuan dan kesiapsiagaan satuan dalam menghadapi kontinjensi yang akan terjadi di wilayah tanggung jawabnya.
Penyelenggaraan Latihan Mako Operasi Amfibi Koarmabar tahun 2011 dilaksanakan dengan materi Latihan Operasi Amfibi yang memerlukan suatu manajemen gabungan dari tiga angkatan dalam mewujudkan pencapaian sasaran operasi.
Diakhir amanatnya Dankodiklat TNI menekankan agar melaksanakan koordinasi yang baik dengan semua unsur terkait, sehingga terwujud peningkatan kerjasama taktis dalam setiap gerak dan tindakan, laksanakan latihan dengan penuh kesunggukan disertai rasa tanggung jawab yang tinggi, kembangkan suatu konsep strategis terhadap cara bertindak dalam menghadapi setiap kemungkinan terjadinya ancaman disesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis serta ancaman nyata yang mungkin timbul serta manfaatkan sumber daya manusia dan sumber dana yang ada secara maksimal untuk mencapai sasaran latihan yang telah ditentukan.
Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Koarmabar (Kasarmabar) Laksamana Pertama TNI Herry Setianegara, S.Sos., SH., MM., Kas Kolinlamil Laksamana Pertama TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., Staf Kodiklat TNI, Mabes Angkatan, Kotama Operasi terkait dan Pejabat Teras Koarmabar serta pelaku latihan dari Koarmabar, Korps Marinir dan Koops Angkatan Udara (Koopsau) .

poskota

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK