Pages

INDONESIA DEFENCE adalah blog Berita,ulasan, artikel Pertahanan dan Keamanan, Industri Militer Indonesia dan Dunia, Perkembangan Alutsista terkini, serta perkembangan POLITIK DALAM DAN LUAR NEGERI.

BERITA TERKINI DI INDONESIA DEFENCE

Tuesday, October 25, 2011

Menhan RI : Negara – Negara ASEAN Perlu Perkuat Kerjasama Pertahanan


Menhan RI : Negara – Negara ASEAN Perlu Perkuat Kerjasama Pertahanan

Nusa Dua, Bali, DMC - Meteri Pertahanan Republik Indonesia Purnomo Yusgiantoro selaku Ketua Asean Defence Ministers Meeting (ADMM) 2011, Senin (24/10) memimpin Sidang ADMM Retreat 2011 di Nusa Dua, Bali. ADMM merupakan pertemuan tingkat Menhan Se-ASEAN.
Menhan RI dalam sambutan pembukaannya mengatakan, dalam rangka mencapai tujuan komunitas masyarakat ASEAN 2015, termasuk pembentukan ASEAN Political Security Community (APSC) 2015, negara – negara ASEAN perlu memperkuat kerjasama di bidang pertahanan.
Menurut Menhan RI, kerjasama yang kuat di bidang pertahanan  merupakan fundamental yang penting bagi totalitas masyarakat ASEAN. Oleh karena itu, perlu kerja keras bersama bagi tercapainya sasaran bersama menuju masyarakat ASEAN 2015.
Lebih lanjut Menhan mengatakan, saat ini masyarakat internasional menghadapi tantangan keamanan dan pertahanan yang baru yang menyebabkan implikasi pada stabilitas regional dan global. Di beberapa wilayah masih terjadi adanya konflik, diantaranya seperti sengketa perbatasan antar negara  dan konflik internal di negara – negara Timur Tengah.
Selain tantangan keamanan tradisional, juga ada non tradisional seperti tindakan terorisme, imigrasi ilegal, pembajakan serta perompakan di laut menjadi tantangan bersama. Isu – isu lingkungan fisik seperti perubahan iklim, keamanan energi, kelangkaan makanan dan air atau kelangkaan sumber daya alam juga menjadi tantangan bersama.
Menhan menambahkan,  tantangan tersebut lebih diperparah dengan adanya teknologi yang semakin maju dan globalisasi yang semakin berkembang. Oleh karena itu, menurut Menhan RI diperlukan suatu kerjasama yang lebih erat dan luas diantara negara- negara ASEAN untuk menghadapi tantangan – tantangan tersebut.
Menhan RI mengatakan, patut disyukuri bahwa dalam waktu rentang lima tahun ADMM telah mengambil prakarsa yang penting di berbagai bidang,  mulai dari kerjasama di bidang bantuan kemanusiaan dan penanggulangan bencana, keamanan maritim, terorisme dan pemeliharaan perdamaian dunia.
ADMM juga telah dapat mengembangkan konsep dan arah tujuan tujuan dari pada tingkat politik melalui pertemuan mulai dari tingkat kementerian dan juga ada tingkat operasional dan latihan bersama antar angkatan bersenjata.  
Hadir dalam pertemuan ADMM Retreat tersebut antara lain Menteri Energi Brunei Darussalam YB Pehin Datu Singamanteri Col (R) Datu Paduka Datu Haji Mohammad Yasmin Bin Hj Umar,  Menhan Kamboja Jenderal Tea Banh, Menhan Laos Mayjen Sanyahuk Phomvihane, Menhan Malaysia Dato’ Seri Dr. Ahmad Zahid Hamidi, Menhan Myanmar Letjen Hla Min,  Menhan Philipina Hon Voltaire T. Gazmin, Menhan Singapura Dr. Ng eng Hen diwakili Sekretaris Kemhan Singapura  Chiang Chie Foo, Menhan Thailand Viddavat Rajatanum dan Wamenhan Vietnam Letjen Nguyen Chi Vinh. Selain itu, hadir pula pejabat dari Sekretariat ASEAN.
Sementara itu, turut mendampingi Menhan dalam Delegasi Indonesia antara lain Sekjen Kemhan selaku Ketua ADSOM 2011 Marsdya TNI Eris Heryanto S.IP, M.A., Dirjen Strahan Kemhan Mayjen TNI Puguh Santoso S.T., M.Sc. dan Staf Khusus Menhan Bidang Kerja Sama Internasional Sumadi Brotodiningrat.(BDI/SR)

DMC

0 komentar:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK