Pages

Tuesday, February 22, 2011

Kapal perang Iran melintasi terusan Suez

Dua kapal perang Iran telah memasuki terusan Suez untuk menuju Laut Mediterania, kata petugas terusan Suez.
Pejabat Iran mengatakan kapal perang akan menuju ke Suriah untuk melakukan latihan, Israel menggambarkannya sebagai tindakan provokasi.
"Mereka masuk ke terusan Suez pada pukul 05.45 waktu setempat," kata petugas terusan Suez.
Kapal perang milik Iran itu adalah Alvand dan Kharg.
Kapal perang Iran ini diyakini merupakan yang pertama kali melintas di terusan Suez sejak terjadinya revolusi Islam tahun 1979.
Iran mengatakan kapal milik pemerintah itu tidak mengangkut peralatan militer, material nuklir ataupun kimia dalam perjalanan itu, kata menteri pertahanan Mesir.
Kantor berita Iran Fars melaporkan pada Januari lalu, militer angkatan laut Iran akan memulai misi latihan selama setahun dengan melewati terusan Suez dan Mediterania, seperti diberitakan kantor berita Reuters.
Pejabat terusan Suez mengatakan Mesir hanya dapat menolak kapal untuk transit di perlintasan yang strategis ini dalam keadaan perang.
Israel menyoroti Iran karena program nuklir yang kontroversial, pembangunan senjata rudal, dan mendukung kelompok militan Lebanon dan Palestina dan berjanji untuk menghancurkan Israel.
Pekan lalu, Menteri Luar Negeri Israel Avigdor Lieberman mengatakan: "Saya menyesal, komunitas internasional tidak menunjukan kesiapan dalam menghadapi provokasi Iran. Komunitas internasional harus paham bahwa Israel tidak akan selamanya mengabaikan provokasi ini."

BBC

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK