Pages

Thursday, February 17, 2011

Demokrat: Hibah F-16 Bikin RI Makin Tergantung AS


Headline
foto: istimewa
Oleh: MA Hailuki
Rabu, 16 Februari 2011 | 13:39 WIB
INILAH.COM, Jakarta - Hibah dua skuadron pesawat tempur F-16 yang diterima Kementerian Pertahanan akan membuat Indonesia semakin tergantung kepada Amerika Serikat.

Anggota Komisi I DPR Ramadhan Pohan mengatakan, suku cadang pesawat F-16 tak bisa didapat dari negara lain selain Amerika Serikat. Hal ini akan menyebabkan pertahanan udara Indonesia dikendalikan negeri Paman Sam.

"Dependensi politik militer-pertahanan RI akan semakin kuat bila RI menerima hibah pesawat F16 AS tersebut. Dependensi kebijakan pertahanan RI atas AS tentu saja merugikan Indonesia mengingat negeri Paman Sam tersebut pernah memberlakukan embargo militer atas Indonesia. Dampak militernya cukup parah," ujarnya kepada INILAH.COM, Rabu (16/2/2011).

Lebih lanjut, Ramadhan menyatakan kebijakan menerima hibah F-16 tersebut akan merugikan industri pertahanan dalam negeri. Sebab anggaran perawatan Alusista akan terkuras untuk membeli suku cadang dan persenjataan dari Amerika bukan dari dalam negeri.

"Akuisisi F-16 dari AS secara besar-besaran bertentangan dengan kebijakan revitalisasi industri pertahanan," tegas Ramadhan.

Seperti diberitakan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) menerima tawaran hibah dua skuadron pesawat tempur F-16A/B Fighting Falcon dari Amerika Serikat (AS).

Panglima TNI Laksamana TNI Agus Suhartono mengemukakan, proses persetujuan sudah disampaikan Kementerian Pertahanan dan kini menunggu konfirmasi dari pihak AS.

"Prosesnya sedang berjalan, sudah ditindaklanjuti juga oleh Kementerian Pertahanan dan saat ini kita menunggu konfirmasi lebih lanjut dari AS tentang persetujuan RI atas hibah tersebut,"ujarnya.

Agus menuturkan, pertimbangan TNI menerima hibah dua skuadron F-16A/B Fighting Falcon itu dikarenakan lebih efektif dan efisien jika membeli enam pesawat sejenis yang baru. [mah]


INILAH.COM

1 comment:

  1. Jgn mau didekte. Indonesia udah saatnya bkin pswat tmpur sendri. Udh bs bkin pswt komuter cn 250, tinggal nyoba bkin yg tmpur. jgn mau ketinggal dgn china yg udh bs bkin stealth j20 mirip raptornya amrik. jaya indonesia. walo mimpi tpi hrs terbukti saatnya.

    ReplyDelete

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK