Pages

Monday, February 21, 2011

Gelar Latihan Bersama, Kapal Perang AS Sambangi Tanjung Priok


Fajar Pratama - detikNews



 
USS Reuben James (Foto: Fajar P/detikcom) 
 
Jakarta - Hari ini Kapal Perang AS USS Reuben James (FFG 57) berlabuh di pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kedatangan kapal yang bersepesifikasi sebagai penghalau kapal selama ini untuk mempererat kerjasama dengan Angkatan Laut Indonesia dan akan menggelar latihan bersama.

USS Reuben merapat di Jakarta International Container Terminal sekitar pukul 09.00 WIB pagi ini. Kapal dengan warna dominan perak tersebut berkekuatan kurang lebih sekitar 200 personil.

"Kedatangan kami ke sini untuk persahabatan dengan angkatan laut Indonesia. Kami akan menggelar sejumlah kegiatan di antaranya latihan bersama," tutur Kapten Kapal Letkol David Miller kepada wartawan di atas dek helipad USS Reuben James, Senin (21/2/2011) siang.

Miller mengatakan dia dan awak kapalnya akan singgah selama tiga hari di Indonesia. Tiga hari tersebut akan di manfaatkan dengan berbagai kegiatan antara lain, berinteraksi dengan siswa-siswa sekolah, pertandingan sepabola antara awak USS Reuben James dan perwakilan dari TNI AL serta pembicaraan mengenai angkatan laut secara umum.

"Setelah Indonesia kita akan mengunjungi Singapore. Sebelumnya kami berada di Guam," paparnya.

Miller juga memastikan kedatangan USS Reuben James sama sekali tidak memiliki agenda khusus terkait dengan kondisi Indonesia saat ini. "Tidak ada agenda khusus. Kunjungan ini sudah dijadwalkan sejak lama," tegasnya.

USS Reuben James merupakan kapal rudal dengan spesifikasi khusus sebagai penghalau ancaman dari kapal selam lawan. Kapal dengan panjang 138 meter ini dilengkapi dengan teknologi komputer digital berkecepatan tinggi.

Selain dilibatkan dalam sejumlah latihan perang, USS Ruben Jeames pernah juga terlibat dalam perang di teluk persia dari Agustus 2002 sampai April 2003. Kapal yang mampu mencapai kecepatan 30 knots ini juga terlibat dalam operasi pembebasan di Iraq pada pertengahan 2000-an.

DETIK

1 comment:

  1. dibuka untuk umum tidak ? kalau pelajar mau berkunjung harus ada appointment terlebih dahulu ? trims

    ReplyDelete

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK