Pages

Thursday, November 11, 2010

Kapal Patroli Kawal Rudal 105m (PKR Sigma 10514)





JAKARTA - Kapal Patroli Kawal Rudal (PKR) 105m yang pada Agustus lalu dilaunching Menhan Purnomo Yusgiantoro bersama KSAL dan perwakilan Galangan Kapal Belanda, Damen, hingga kini telah memasuki tahap desain konstruksi dan struktur kapal, dijadwalkan tahap ini akan selesai pada akhir tahun 2010 ini. Proses pembangunannya dijadwalkan selesai pada tahun 2014.

Tidak dipungkiri ini merupakan langkah besar Kementrian Pertahanan dalam merevitalisasi Industri pertahanan bidang maritim, PT.PAL. Proyek PKR bisa dibilang merupakan proyek pengganti Korvet nasional yang pernah di cetuskan KSAL lama, Bernard Kent Sondakh. Ide proyek Korvet Nasional muncul setelah adanya larangan negara Jerman kepada Indonesia untuk menggunakan armada kapal perangnya (Korvet Parchim) saat Aceh dalam kondisi Operasi Militer.

Guna mengakomodasi keinginan TNI AL tersebut, dalam prosesnya PT.PAL sempat bermitra dengan shipyard asal Italia untuk mengakuisisi Korvet Commandante Class menjadi basis pembangunan Korvet Nasional lengkap dengan program alih teknologinya. Namun setelah lama tidak ada kejelasan akhirnya bergulir proyek PKR dimana basis pengembangannya mengadopsi modul kapal perang Sigma buatan Damen.




Sebagaimana kita ketahui program alih teknologi sigma terkendala setelah Damen membatalkan proses pengerjaan kapal tersebut yang sedianya 2 unit di buat di Belanda dan 2 unit di Indonesia. Kemenhanpun akhirnya mengkaji ulang dengan mengundang galangan kapal luar untuk mewujudkan proyek nasional PKR ini, hingga akhirnya kembali Damen yang terpilih sebagai pemenang.

Di ajang Indo-Defence 10-13 November 2010 kali ini PKR 105 mendominasi stand pameran Damen dan PT.PAL lengkap dengan video animasi yang dibuat khusus Damen untuk mempromosikan kapal perang tersebut ke pengunjung.  
sumber :©alutsista

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK