Pages

Friday, November 12, 2010

G20 sepakat hindari devaluasi kompetitif


BBCIndonesia.com - detikNews

<p>Your browser does not support iframes.</p>
Isu kurs mata uang membayang-bayangi pertemuan puncak G-20 di Seoul
Isu kurs mata uang membayang-bayangi pertemuan puncak G-20 di Seoul

Kelompok negara ekonomi, G-20. kuat sepakat menghindari devaluasi kompetitif atas mata uang mereka setelah dua hari berunding di ibukota Korea Selatan, Seoul.

Para pemimpin setuju untuk menyusun panduan indikatif untuk menanggulangi ketimpangan perdagangan yang mempengaruhi pertumbuhan ekonomi dunia.

Dalam komunike akhir mereka, para kepala negara G-20 juga berjanji untuk memperbaharui upaya untuk mencapai kesepakatan perdagangan dunia dalam perundingan tahun depan.

Meski demikian, pertemuan puncak G-20 di Seoul dibayang-bayangi oleh perselisihan mendalam antara Cina dan Amerika Serikat, khususnya soal valuasi mata uang dan perdagangan.

Delegasi beberapa negara G-20 bersitegang soal cara mengatasi distorsi mata dan perdagangan.

Sebagian dari mereka khawatir konflik, yang utamanya melibatkan Cina dan Amerika Serikat, mungkin mengancam pertumbuhan.

Presiden AS Barack Obama mengatakan semestinya tidak akan ada kontroversi soal penanggulangan ketimpangan yang ikut menimbulkan krisis yang kita alami.

Kurs mata uang mungkin mencerminkan realita ekonomi, kata Obama.

Negara dengan ekonomi yang tengah berkembang pesat perlu membiarkan mata uang ditentukan oleh pasar. Ini yang saya bicarakan dengan Presiden Hu [Jintao] dari China dan kami akan mencermati kenaikan nilai mata uang Cina, tambahnya.

Washington menyatakan kurs mata uang Cina, yuan, sengaja dibuat rendah, dan itu memberi eksporti Cina keunggulan yang tidak fair dan menyebabkan Beijing bisa menumpuk cadangan devisa asing sangat besar.

(bbc/bbc)/detik

No comments:

Post a Comment

DISCLAIMER : KOMENTAR DI BLOG INI BUKAN MEWAKILI ADMIN INDONESIA DEFENCE , MELAINKAN KOMENTAR PRIBADI PARA BLOGERSISTA
KOMENTAR POSITIF OK